5 Aktivitas Seru di Kawasan Wisata Gunung Kelud

-

Siapa yang tidak mengenal lokasi wisata alam yang ada di Jawa Timur ini, Gunung Kelud merupakan wisata alam yang ada di Jawa Timur dimana letaknya berada diantara kabupaten Blitar dan Kediri.

Sampai saat ini pemerintahan kedua kabupaten tersebut masih memperdebatkan kawasan wisata dari Gunung Kelud. Karena letaknya yang berada di tengah perbatasan dua kabupaten tersebut. Gunung Kelud ini sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif, terakhir kali gunung kelud melakukan erupsi adalah pada tahun 2014 yang lalu.

Walaupun Gunung Kelud termasuk dalam pantauan gunung berapi yang masih aktif, namun masih banyak para wisatawan lokal atau dari daerah lain yang ingin menikmati keindahan dari puncak Gunung Kelud. Untuk yang ingin ke Gunung Kelud, jalur termudah yang bisa dilaluhi adalah dari kota Kediri, karena dengan jarak yang terdekat sekitar 27 Kilometer, untuk jalanannya sendiri saat ini sudah beraspal dan sudah terdapat area parkir tersendiri bagi sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Selain dari keindahan sunrise yang bisa dilihat dari puncak gunung, beberapa aktivitas yang menguji adrenalin kalian bisa kalian nikmati disini untuk mendapatkan pengalaman seru dari wisata Gunung Kelud. Beberapa aktivitas menarik dan seru yang bisa kita lakukan di Gunung Kelud antara lain:

Berfoto di Kawah Gunung Kelud

Berfoto di Kawah Gunung Kelud
Kawah Gunung Kelud (foto: instagram.com/three_anie)

Danau kawah ini ada setelah terjadinya letusan dahsyat yang terakhir pada tahun 2014 lalu, dimana kubah lava yang ada dipuncak gunung hilang, sehingga membentuk lubang besar yang terdapat danau di tengah gunung, karena aktivitas Gunung Kelud yang berstatus masih aktif, kita hanya diperbolehkan sampai pada tepi lubang, dan dari sini kita bisa mendapatkan spot foto yang keren.

Offroad Gunung Kelud

Offroad Gunung Kelud
Offroad Gunung Kelud (foto: instagram.com/imelda.soetiono)

Bila ingin menjajal adrenalin kita, kita bisa melakukan aktivitas mengendarai mobil offroad dan menjajal jalanan yang ada di Gunung Kelud. Rute offroad ini sudah ditentukan sejauh 20 kilometer, dimana kita bisa menikmati lingkungan sekitar yang sejuk dan indah, selain itu, dengan tanjakan dan belokan yang ada akan memacu adrenalinmu ketika sedang menaiki mobil.

Panjat Tebing Sumbing

Panjat Tebing Sumbing - Gunung Kelud
Panjat Tebing Sumbing – Gunung Kelud (foto: wapeala.or.id)

Ativitas yang satu ini masih mendapat pantauan yang sangat ketat dimana tebing yang digunakan tidak semuanya merupakan batu yang keras, namun ada juga pijakan yang bisa menyebabkan kita terjatuh, maka dari itu pengawasan dari kegiatan ini juga sangat ketat dimana kita harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) cabang Kediri, pos penjagaan Dinas Pariwisata Kediri, Polsek Ngacar, dan juga Kantor Vulkanologi. Kegiatan yang menantang adrenalin ini hanya diperbolehkan bagi para pemanjat tebing profesional saja.

Flying Fox

Flying Fox Gunung Kelud
Flying Fox Gunung Kelud (foto: Agoeng Widodo – kompasiana.com/gneoga)

Kegiatan meluncur dari satu spot ke spot lain dibawah Gunung Kelud merupakan kegiatan yang memacu adrenalin, dimana ketinggian dari kegiatan ini sekitar 100 meter dengan panjang luncuran sepanjang 150 meter.

Trail Run (Lari Lintas Alam)

Trail Run Gunung Kelud
Trail Run Gunung Kelud (foto: instagram.com/yuliapst_)

Dengan melakukan kegiatan lari pada pagi hari, kita bisa menikmati keindahan yang ada dikanan dan kiri Gunung Kelud dari lereng hingga puncak. Mulailah aktivitas lari ini dimana matahari baru saja terbit dari desa wates hingga puncak gunung kelud, lama perjalanan trail run ini membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam tergantung kecepatan lari kalian. Selain keindahan alam gunung, zona yang dilewati juga menarik dimana banyak sekali tanjakan yang akan menantang kalian.

Itulah beberapa aktivitas seru dan kegiatan yang menantang adrenalin yang bisa kalian lakukan di lokasi kawasan wisata Gunung Kelud.

Share this article

Recent posts

Caping Park: Jembatan Kaca Instagramable di Purwokerto

Caping Park Purwokerto merupakan satu dari sekian banyak objek wisata selfie yang ada di kabupaten Banyumas, khususnya daerah Baturraden. Nah, berbicara mengenai Caping Park,...

Pesona Alam Bukit Tranggulasih Purwokerto

Berbicara mengenai wisata alam, Bukit Tranggulasih mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satu wisata alam yang berlokasi di Purwokerto ini tidak bisa dipandang sebelah...

Wisata Bukit Agaran Desa Melung Purwokerto

Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng tidak hanya menawarkan wisata alam berupa Kolam Renang Melung yang sangat mempesona. Di desa ini ternyata juga terdapat wisata alam...

Geopark Gunung Sewu Yang Mempesona

Gunung Sewu merupakan jajaran pegunungan yang membentang di sepanjang Pantai Selatan Jogja hingga Jawa Timur. Keindahan geopark gunung Sewu ini begitu menarik perhatian para...

Wisata Barusen Hills Ciwidey Bandung

Kota Bandung merupakan kota dengan sejuta keunikan, diantaranya wisata kuliner yang unik, wisata alam yang banyak, dan wisata cagar budaya dari seluruh wilayah di...

Popular categories

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent comments