Jika di Indonesia saat ini sedang trend kuliner khas Belanda dan Italia seperti pizza, burger, pasta, lasagna dan aneka kuliner luar negeri yang lainnya, maka negara kita juga harus bangga karena punya kuliner Indonesia yang mendunia.

Banyak wisatawan yang ketika datang ke Indonesia mencari kuliner-kuliner Indonesia dengan cita rasa khas, unik, dan pastinya tidak bisa ditemukan di luar negeri sana.

Berikut daftar kuliner Indonesia yang mendunia, jika Anda merasa belum pernah mencoba, setelah melihat informasi ini harus segera mencobanya ya!

Kuliner Indonesia yang Mendunia

1. Gado-Gado

Kuliner khas Jawa yang satu ini disebut juga dengan ‘salad Jawa’. Gado-gado merupakan kuliner dengan cita rasa unik yang memiliki nilai estetika dengan cita rasa yang sangat tinggi.

Cita rasa bumbu kacang yang khas berpadu sempurna bersama lontong dan aneka bahan yang terkandung didalam gado-gado. Dilengkapi juga bersama telur yang menjadikan cita rasa gado-gado semakin sempurna dan mengandung nilai gizi yang sangat tinggi.

2. Tempe

Tempe merupakan kuliner Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai dan bisa digabungkan dengan cara penyajian yang sangat variatif. Hidangan ini tidak hanya menjadi hidangan favorit masyarakat Indonesia. Melainkan masyarakat Jepang juga membuat hidangan ini sebagai salah satu hidangan favorit mereka selain makanan khas Jepang.

3. Rendang

Kuliner rendang merupakan kuliner khas Sumatera Barat yang tersohor sampai di seluruh penjuru dunia. Kuliner yang satu ini pernah berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia paling lezat versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu yang lalu.

Cita rasa khas dari Rendang dan daging yang empuk menjadi faktor penentu utama dari kuliner ini.

4. Nasi Goreng

Masing-masing negara memang memiliki menu nasi goreng. Akan tetapi cita rasa nasi goreng di Indonesia jauh lebih khas karena bumbu-bumbunya lengkap. Karena itu tak heran jika nasi goreng Indonesia juga sempat masuk ke dalam daftar makanan yang paling enak di dunia.

Mantan Presiden Amerika Barrack Obama bahkan sangat suka dengan nasi goreng Indonesia dan menjadikannya sebagai salah satu kuliner favorit beliau.

5. Bakso

Kuah sup, pentol dan mienya menjadi bagian yang sangat lezat dari bakso. Bakso selain menjadi makanan favorit kebanyakan orang Indonesia ternyata juga menjadi makanan favorit masyarakat Tiongkok. Bakso memang hadir dengan cita rasa yang sangat menggugah selera.

6. Sate

Sate Madura dan Sate Padang menjadi varian yang paling dikenal sekaligus menjadi salah satu favorit kebanyakan orang. Belakangan, tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate, melainkan sejumlah restoran Internasional juga memasukkan sate ke dalam menu mereka.

Seperti di New York misalkan, disana terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalan mereka.

7. Gudeg

Gudeg merupakan kuliner asli Jogja yang sudah menarik perhatian masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia. Bahkan gudeg juga hadir di kalangan pecinta kuliner Internasional. Hal tersebut karena banyak negara yang sudah mengimpor gudeg dalam bentuk kalengan.

Yang lebih menarik lagi, di Melbourne Australia, terdapat satu restoran yang juga menyajikan gudeg asli dari Indonesia sebagai salah satu variannya. Restoran tersebut tepatnya berada di Clayton Road.

Itulah beberapa kuliner Indonesia yang mendunia, anda harusnya pernah merasakan kuliner diatas karena orang luar negeri saja suka, mengapa masyarakat Indonesia tidak? Mari lestarikan kuliner khas negara kita sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here