Wisata Bukit Agaran Desa Melung Purwokerto

-

Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng tidak hanya menawarkan wisata alam berupa Kolam Renang Melung yang sangat mempesona. Di desa ini ternyata juga terdapat wisata alam bernama Bukit Agaran. Melalui bukit tersebut anda akan disuguhi dengan pemandangan yang memukau. Mulai dari hijaunya alam sekitar hingga gemerlap lampu kota Satria pada malam hari.

Bukit Agaran menjadi salah satu destinasi favorit muda mudi kota Purwokerto. Selain penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan, mereka juga ingin bermalam atau camping di tempat tersebut. Suasana malam yang tersaji di bukit ini sangat nyaman. Selain itu, di sekitar tempat wisata juga tersedia warung-warung yang menjajakan Mendoan dan satu gelas kopi atau teh panas.

Kemudian untuk lokasinya sendiri bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit dari pusat kota Purwokerto. Namun, untuk sampai di lokasi tersebut hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, pasalnya tidak ada angkutan umum yang melewati Bukit Agaran. Disamping itu, akses jalan menuju Bukit juga didominasi dengan jalanan menanjak dan berkelok.

Bagi anda yang berminat berkunjung ke tempat tersebut, kami sarankan untuk datang pada sore hari sekitar pukul 16:00 sampai 17:30 WIB. Pada waktu-waktu tersebut, pemandangan yang tersaji dari Bukit Agaran sedang bagus-bagusnya. Oh iya, pihak pengelola juga telah menyediakan beragam spot foto menarik untuk memaksimalkan aktivitas berswafoto anda bersama kerabat.

Bukit Agaran Purwokerto
Bukit Agaran Purwokerto (foto: instagram.com/kholis.nugroho)

Bukit Agaran: Harga Tiket Masuk, Lokasi, Rute Perjalanan dan Fasilitas

Bagaimana, semakin penasaran dengan tempat ini ? jika demikian, lebih baik anda simak terlebih dahulu ulasan dibawah ini mengenai biaya tiket masuk hingga lokasi dan rute perjalanan yang bisa digunakan. Selain itu, kami juga akan menjelaskan mengenai fasilitas dan daya tarik yang tersedia di wisata alam Bukit Agaran.

Harga Tiket Masuk

Setiap wisatawan yang berkunjung ke wisata alam Bukit Agaran akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang. Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua akan dikenai tarif parkir sebesar 2.000 rupiah. Untuk kendaraan roda empat belum memungkinkan untuk parkir di sekitar lokasi, mengingat jalan menuju bukit yang sempit. Wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam.

Lokasi

Bukit Agaran berlokasi di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi tersebut juga berada tidak jauh dari wisata alam Bukit Tranggulasih dan Kolam Renang Melung. Sehingga setelah puas menikmati keindahan alam di Bukit ini, anda bisa menyambangi tempat-tempat tersebut yang menawarkan pesona tidak kalah menarik.

Rute Perjalanan

Kemudian untuk rutenya, anda bisa berangkat dari pusat kota Purwokerto. Dari situ anda pilih arah barah menuju pertigaan segitiga pasar Karang Lewas. Kemudian belok kanan dan lurus terus ikuti jalan sampai menemukan pertigaan dengan papan petunjuk menuju Bukit Tranggulasih ke kanan, anda ikuti arah tersebut. Setelah itu anda akan melewati pemukiman warga sebelum sampai di lokasi parkir motor. Setelah parkir motor, anda masih harus berjalan kaki melewati jalanan tanah kurang lebih 15 menit untuk sampai di puncak bukit.

Fasilitas yang Tersedia

Menjadi salah satu wisata alam favorit di kota Purwokerto, tempat ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Antara lain, toilet umum, kamar mandi, warung-warung dan area parkir khusus kendaraan roda dua. Kemudian bagi anda yang beragama muslim, anda tidak perlu bingung ketika akan melaksanakan shalat lima waktu, pasalnya di Bukit Agaran juga tersedia fasilitas mushola lengkap dengan tempat wudhu dan perlengkapan shalat seperti mukena dan sarung.

View Gunung Slamet dari Bukit Agaran
View Gunung Slamet dari Bukit (foto: instagram.com/masekacan)

Selain fasilitas umum seperti yang kami sebutkan diatas, tempat ini juga memiliki fasilitas berupa spot foto yang Instagrammable. Fasilitas tersebut menjadi favorit setiap pengunjung untuk mengabadikan momen sekaligus menikmati indahnya alam Bukit Agaran. Atau bagi anda yang ingin menikmati suasana malam di tempat ini, anda bisa menghubungi petugas untuk menyewa peratan Camping. Biaya yang harus dikeluarkan untuk fasilitas tersebut mulai dari 50.000 rupiah.

Suasana Malam Bukit Agaran
Suasana Malam Bukit Agaran (foto: instagram.com/alizaenurr)

Itulah informasi mengenai wisata alam Bukit Agaran. Bagaimana? sudah tidak sabar untuk menyambanginya? Keindahan serta suasana alam yang tersaji di Bukit Agaran memang menakjubkan.

Tempat tersebut memang cocok sekali untuk merelaksasi pikiran setelah sibuk beraktivitas. Atau bagi anda yang hobi bermalam di alam bebas, anda bisa datang dan menyewa perlatan Camping. Tenang, biaya yang harus dikeluarkan tidak akan menguras kantong kok. Bagaimana, menarik bukan?

Share this article

Recent posts

Caping Park: Jembatan Kaca Instagramable di Purwokerto

Caping Park Purwokerto merupakan satu dari sekian banyak objek wisata selfie yang ada di kabupaten Banyumas, khususnya daerah Baturraden. Nah, berbicara mengenai Caping Park,...

Pesona Alam Bukit Tranggulasih Purwokerto

Berbicara mengenai wisata alam, Bukit Tranggulasih mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satu wisata alam yang berlokasi di Purwokerto ini tidak bisa dipandang sebelah...

Wisata Bukit Agaran Desa Melung Purwokerto

Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng tidak hanya menawarkan wisata alam berupa Kolam Renang Melung yang sangat mempesona. Di desa ini ternyata juga terdapat wisata alam...

Geopark Gunung Sewu Yang Mempesona

Gunung Sewu merupakan jajaran pegunungan yang membentang di sepanjang Pantai Selatan Jogja hingga Jawa Timur. Keindahan geopark gunung Sewu ini begitu menarik perhatian para...

Wisata Barusen Hills Ciwidey Bandung

Kota Bandung merupakan kota dengan sejuta keunikan, diantaranya wisata kuliner yang unik, wisata alam yang banyak, dan wisata cagar budaya dari seluruh wilayah di...

Popular categories

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent comments