Geopark Gunung Sewu Yang Mempesona

Gunung Sewu merupakan jajaran pegunungan yang membentang di sepanjang Pantai Selatan Jogja hingga Jawa Timur. Keindahan geopark gunung Sewu ini begitu menarik perhatian para pelancong dan wisatawan.

Bukan Jogja bila tidak memiliki destinasi wisata yang mempesona dan kelas dunia. Tidak hanya berada di pusat ataupun dekat dengan kota Yogyakarta saja. Disudut terpencil di kawasan provinsi ini, juga terdapat tempat wisata yang memanjakan mata Anda. Salah satunya adalah kawasan Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Gunung Kidul.

Geopark Gunung Sewu
Kawasan Geopark Gunung Sewu (foto: naennoan)

Memiliki Jajaran Batuan Karst Istimewa

Gunungkidul merupakan kabupaten yang tergolong terpencil di Jogja. Walaupun tergolong terpencil, tetapi keindahan alam di kabupaten ini begitu mempesona. Terlebih lagi, wisata pantainya yang amat istimewa.

Tak hanya pantai saja, di Gunungkidul ada tempat wisata yang indah dan mempesona yang diakui oleh UNESCO sebagai keindahan alam kelas dunia. Tempat wisata ini dinamakan Geopark Gunung Sewu dengan ciri khas tersendiri dan tak kalah indah seperti tempat wisata lainnya yang berada di Yogyakarta.

Keindahan unik dari Gunung Sewu adalah hadirnya jajaran batuan karst yang tentu saja terlihat istimewa. Batuan karst ini memiliki beragam bentuk. Ini sangat menarik sekali untuk dieksplor dan berselfie ria dengan background batuan karst ini.

Jajaran Batuan Karst Gunung Sewu
Jajaran Batuan Karst Gunung Sewu (foto: jokowarsito)

Bebatuan Karst Merupakan Hasi Proses Geologi

Ada lagi keunikan dari Gunung Sewu ini. Selain jajaran batuan karst yang istimewa, bebatuan ini juga terlihat istimewa karena merupakan hasil dari proses geologi. Tentu saja, ini membuat peneliti dan pelancong merasa bangga bisa melihat batuan tersebut secara langsung.

Batuan tersebut disimpan di dalam etalase taman batu di Gunungkidul. Keindahan geopark ini tidak selalu keindahan alamnya tetapi juga prosesnya yang begitu langka dan menarik untuk diteliti.

Akses Menuju Geopark Gunung Sewu
Akses Menuju Geopark Gunung Sewu (foto: cahyaroma)

Akses Menuju Geopark Gunung Sewu

Kawasan wisata Gunung Sewu ini sangat mudah diakses dan dijangkau dengan kendaraan. Kawasan ini berlokasi di antara jalan Wonosari – Tepus. Lokasinya berada tepat di Desa Mulo.

Bila Anda ingin mengunjungi objek wisata ini, rutenya seperti ke arah Pantai Siung, Pantai Nglambor, ataupun Pantai Wediombo sehingga akan mudah sekali dijangkau dan ditemukan. Lokasinya berada tepat sebelum sampai ke deretan beberapa pantai cantik itu.

Ada banyak papan yang menunjukkan lokasi ke kawasan Geopark Gunung Sewu ini. Titik poin menuju Geopark ini adalah arah ke Pantai Baron. Tetapi, Anda belum sampai ke destinasi pantai tersebut.

Pemandangan di Kawasan Geopark Gunung Sewu
Pemandangan di Kawasan Geopark Gunung Sewu(foto: gerllend)

Memiliki Rest Area

Fasilitas di kawasan Geopark Gunung Sewu ini cukup lengkap. Kawasan ini mempunyai rest area yang buka 24 jam. Tempat wisata ini berfungsi untuk tempat pengenalan bagi para wisatawan mengenai hasil geologi. Ada suguhan pemandangan menarik di kawasan Geopark ini yang mana bebatuannya terlihat indah dan menarik.

Terlebih lagi saat sore hari tiba, pemandanganya akan semakin indah dan mempesona. Ada sebuah gedung kecil terdapat di kawasan wisata ini yang mana digunakan untuk menyimpan beberapa batuan langka yang rawan rusak. Bebatuan tersebut adalah fosil – fosil hewan, tumbuhan, dan juga kristal.

Selain menyajikan bebatuan cantik, kawasan geopark ini juga berfungsi sebagai rest area bagi para wisatawan. Sementara itu, etalase taman batu merupakan tempat yang bisa digunakan sebagai rekomendasi untuk dijelajahi saat berada di kabupaten Gunungkidul. Anda bisa mempelajari sejarah mengenai batuan di Gunung Sewu ini.

Leave a Reply