Pulau Samalona Makassar Sulawesi Selatan

Tempat wisata yang indah dan keren, tapi disamping itu juga sepi pengunjung sehingga kita bisa menikmati dengan penuh keindahan alam. Ada salah satu tempat di Makassar yang memiliki keindahan alam yang bagus dan keren, juga sepi dari para pengunjung, kita bisa mengunjungi Pulau Samalona.

Dari kota Makassar, Pulau ini berjarak 6,8km. Bila kita ingin berhenti sejenak dari berbagai macam rutinitas yang menegangkan pikiran, dilokasi ini kita bisa merasakan ketenangan dan juga bisa menikmati keindahan alamnya yang asri.

Di pulau ini pula kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti menyelam dangkal, berenang, bermain pasir, dan juga berkeliling menikmati alam yang ada di sekitar pulau.

Pulau Samalona Makassar
Pulau Samalona (foto: dronemks)

Hal Menarik di Pulau Samalona Makassar

Salah satu hal yang paling populer dilakukan di Pulau Samalona ini adalah melakukan diving, dimana spot diving inilah kita bisa menikmati terumbu karang yang masih tumbuh secara alami. Terumbu karang yang masih terjaga inilah yang membuat lokasi wisata pulau Samalona menjadi populer.

Terumbu karang yang tumbuh di dasar laut ini sangat memukau berkat banyaknya kapal laut dari hasil perang dunia kedua yang tenggelam di sekitaran pulau. Luas wilayah dari pulau ini hanya sekitar 2 hektar, memang cukup kecil, dan inilah yang membuat kita dengan mudah bisa berkeliling pulau dan menikmati semua keindahan dari alamnya.

(foto: steffanrico)

Jika kita ingin melakukan kegiatan snorkeling, kita bisa menyewa peralatan dan juga pemandu, dengan hanya menyewa sebesar 50 ribu sampai 100 ribu, kita sudah bisa mendapatkan perlengkapan snorkeling yang lengkap.

Di pulau ini juga sudah tersedia fasilitas yang di bangun oleh pemerintah kota Makassar, diantaranya penginapan, kamar mandi bilas dan WC umum, dan beberapa kedai makanan di pinggiran pantai. Jika kita ingin menikmati makanan khas dari pulau ini, kita bisa membelinya ke masyarakat yang ada di sekitar.

Gambar Pulau Samalona
Samalona Island (foto: okamah)

Bagi para wisatawan yang tidak ingin menginap di penginapan, di sini juga diperbolehkan untuk memasang tenda di sekitaran pantai, jadi sembari berkemah kita bisa menikmati keindahan alam pulau Samalona pada malam hari, namun yang perlu menjadi catatan adalah bila kita melakukan kemah di pinggir pantai, harus memiliki persediaan air tawar yang banyak, ini dikarenakan persediaan air tawar yang ada dipulau sangat terbatas.

Penginapan di Pulau Samalona
Penginapan di Pulau Samalona (foto: travelannisa)

Selain kita bisa menikmati keindahan wisata alam berupa pantai dan hutan, kita juga akan menemukan banyak sekali spot foto untuk kita bisa mengabadikan gambar keindahan dari Pulau Samalona ini. Ada spot foto yang bisa kita ambil dari dalam hutan, dimana keindahan hutan yang masih alami inilah kita bisa melakukan foto bersama keluarga atau pasangan, dimalam hari kita bisa menikmati suasana alam Pulau Samalona dan menikmati makanan yang disediakan, selain itu kita juga bisa berfoto di malam hari yang penuh dengan bintang.

Leave a Reply