Wisata Unik Bukit Jamur Ciwidey Bandung

Bandung terkenal dengan bebagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, dan juga wisata budayanya. Karena banyaknya lokasi wisata yang bisa dikunjungi di Bandung, membuat kota Bandung dan sekitarnya ini ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca. Salah satu tempat wisata alam yang terbilang unik di Bandung adalah Bukit Jamur Ciwidey.

Wisata Unik Bukit Jamur Ciwidey Bandung
Bukit Jamur Ciwidey Bandung (foto: desmuun)

Saat ini Bukit Jamur Ciwidey sedang sangat populer dikalangan para remaja, dimana di sini kalian bisa menikmati indahnya alam bukit Ciwidey, dan bagi yang senang berfoto untuk konten instagram, disini terdapat spot bagus yang instagramable untuk kalian post.

Kenapa disebut dengan Bukit Jamur? Apakah terdapat banyak jamur di bukit ini? Bukit ini dinamakan bukit jamur bukan dikarenakan banyak tumbuhnya jamur, melainkan karena di bukit ini pohon cemara yang ada disana dibentuk seperti jamur, sehingga bukit ini disebut Bukit Jamur.

Tiket Masuk Bukit Jamur Ciwidey

Sayangnya, pemerintah daerah masih belum membuat lokawisata ini berkembang, ini bisa dilihat dari tidak adanya tarif masuk, dimana biasanya tarif masuk lokawisata digunakan untuk pengembangan lokasi wisata, di Bukit Jamur Ciwidey ini karena tidak adanya tiket masuk, para pengunjung hanya diterapkan biaya parkir dimana untuk sepeda motor membayar 2 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil sebesar 5 ribu rupiah.

Bukit Jamur Ciwidey
Bukit Jamur Ciwidey (foto: tiarazin)

Lokasi Menuju Bukit Jamur Ciwidey

Untuk sampai di tempat ini, bila kalian dari kota bandung bisa menuju rute jalan ke Ciwidey, dan setelah sampai di Ciwidey arahkan perjalanan kalian ke dusun Keneng, dan untuk mencapai ke lokasi wisata disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, sebab jalanan menuju lokasi masih banyak bebatuan, sehingga jika menggunakan motor akan sampai ke lokasi dengan cepat.

Fasilitas yang disediakan disini seperti tempat parkir, mushola, dan toilet. Bagi yang ingin rehat sejenak bisa duduk di gazebo yang disediakan, sedangkan yang perutnya lapar banyak warung makanan yang ada di pinggiran lokasi wisata.

Spot Menarik di Bukit Jamur Ciwidey

Untuk spot foto yang instagramable, ini ada 3 spot yang bisa kalian gunakan untuk menambah koleksi foto kalian di instagram. Berikut ini spot foto menarik di Bukit jamur Ciwidey.

Gerombolan Cemara Berbentuk Jamur

Gerombolan Cemara Berbentuk Jamur
Gerombolan Cemara Berbentuk Jamur (foto: krisna.aditiya)

Keunikan dari bukit Jamur ini adalah bentuk dari cemara mungil yang dibentuk seperti jamur dan ditata sedemikian rupa, sehingga bila kita mengambil foto di spot ini pada saat embun turun akan sangat bagus sekali hasilnya.

Kebun Teh

Kebun Teh Rancabolang
Kebun Teh Rancabolang (foto: mcmadamesia)

Selain pohon cemara, ternyata didekat lokawisata Bukit Jamur ini terdapat perkebunan teh. Dimana disinilah kita bisa mendapatkan spot berfoto yang bagus dan instagramable, dimana kita bisa berfoto dengan latar belakang perkebunan teh yang hijau membentang.

Bangunan Peninggalan Belanda

Mushroom hill Rancabolang Ciwidey
Mushroom hill Rancabolang Ciwidey (foto: shieraaroe)

Di bukit jamur ini, selain kita mendapatkan spot alam untuk berfoto, disini juga terdapat sebuah bangunan yang dahulunya ditempati para kolonial belanda, dan sekarang bangunan ini menjadi salah satu spot foto terbaik di bukit jamur, dimana kita bisa mengambil foto dengan side bangunan bekas belanda ini.

Sebenarnya di sekitar dari lokasi Bukit Jamur Ciwidey ini terdapat pula banyak lokasi wisata lain seperti Legok Kondang Lodge, Green Hill Park, Barusen Hills, Situ Patenggang, Taman Kelinci, dan Emte Highland Resort.

Jadi setelah puas berfoto dan mendapatkan gambar-gambar yang bagus, kita bisa mampir kesalah satu tempat wisata dekat Bukit Ciwidey ini. Perlu diketahui, dikarenakan lokasi Bukit Jamur ini terletak di bukit bawah kaki Gunung Patuha dan Gunung Tilu, maka suhu dilokasi ini tentu saja dingin, sehingga disarankan jangan menggunakan pakaian yang tipis, namun pakailah jaket yang agak tebal agar suhu tubuh tetap hangat.

Leave a Reply