Provinsi Riau, siapa sangka di provinsi ini terdapat wisata alam yang sangat indah dan masih asri. Di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Riau inilah kita bisa menikmati keindahan alam yang masih asri. Perjalanan yang dilakukan menuju pulau rupat ini harus dilakukan dari jalur darat dan juga jalur perairan. Di pulau Rupat inilah kita bisa mendapatkan keindahan wisata alam, wisata bahari dan wisata kuliner dari masyarakat setempat.

Tanjung Medang Pulau Rupat Provinsi Riau
Tanjung Medang Pulau Rupat, Riau (foto: instagram.com/mashoot87)

Lokasi Pulau Rupat

Bagi yang akan pergi ke Pulau Rupat kita bisa menempuh perjalanan darat dari Pekanbaru menuju ke Dumai, setelah kita turun di Dumai kita akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal menuju teluk Rhu. Selama kita berada diatas kapal kita sudah bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki Pulau Rupat, dimana kita bisa menikmati keindahan lebatnya pohon mangrove yang masih asri dan tumbuh secara alami disekitaran Pulau Rupat.

Rute Perjalanan

Apabila kita menggunakan kapal motor, maka kita akan singgah di Titi Akar, ini adalah suatu kawasan di Pulau Rupat dimana terdapat banyak sekali hutan mangrove dan disanalah ada lokasi atau desa bernama desa Titi Akar, Desa Titi Akar sendiri berdiri karena pada jaman dahulu masyarakat yang ada disana sering hilir mudik mencari akar mangrove, maka ada sebagian orang yang memilih tinggal di sana, maka terbentuklah desa Titi Akar.

Selama kita menaiki kapal, kita akan disajikan deretan dari pohon mangrove yang berjejer dan memenuhi pinggiran pulau dengan sangat indah dan keren. Keasrian dari pulau inilah yang menjadikan wisata alam ini menjadi daya tarik tersendiri.

Setelah melewati perjalanan laut, kita akan sampai di pinggiran pantai dari pulau Rupat, namun kita masih harus menggunakan bus pariwisata agar kita bisa sampai ke desa teluk Rhu. Setelah sampai di desa Teluk Rhu, kita akan disambut dengan deburan ombak pantai dan banyaknya deretan payung dan meja kursi yang tertata di pinggiran pantai.

Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis Riau
Pantai Lapin – Pulau Rupat (foto: instagram.com/karya_kitakita)

Aktivitias Menarik

Setelah kita melakukan perjalanan yang cukup melelahkan dari Pekanbaru, kita bisa menginap terlebih dahulu untuk beristirahat sebelum kita bisa menikmati indahnya alam di pulau Rupat ini. Kita bisa memilih menginap di Homestay yang disediakan oleh penduduk sekitar, saat malam tiba dan rasa lapar melanda kita bisa melakukan bakar jagung atau ikan yang bisa kita beli dari penduduk sekitar, sembari membakar ikan kita bisa menikmati keindahan alam pulau Rupat pada malam hari.

Bila kita ingin merasakan sensasi memancing, kita bisa memancing bersama warga sekitar, namun kita harus menyewa perahu pompong sebesar 700 ribu bila ingin menikmati sensasi tarikan ikan dari alam laut Pulau Rupat. Ikan yang kita tangkap bisa kita bawa pulang ke penginapan dan bisa kita masak atau kita bakar bersama dengan teman rombongan kita.

Pada saat pagi hari kita bisa langsung menikmati keindahan pasir pantai yang ada di pantai Pulau Rupat ini, disini kita bisa bersantai dibawah payung yang disediakan para penduduk dan menikmati segarnya es kelapa muda sembari menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi. Sedangakan yang memiliki hobi berenang, kita bisa melakukan aktivitas berenang di pinggiran pantai Pulau Rupat, selain itu bagi yang tertarik dengan fotografi, di pulau ini juga terdapat banyak sekali spot foto yang keren dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here