Salah besar jika selama ini orang hanya mengenal Jogja dari satu sudut pandang saja. Mengenal Jogja tidak boleh hanya dari satu sudut pandang saja karena Jogja selalu menyimpan cerita, kisah, irama dan rasa yang selalu berbeda-beda pada setiap detail kotanya.

Jogja selalu punya berbagai hal menarik, Jogja bukan hanya sebuah kota sejarah dan budaya, melainkan sebagai kota wisata dan kota pelajar, banyak wisata Jogja yang khas dan bisa ditemukan. Hal tersebut menjadikan wajah Jogja selalu ceria dan istimewa.

Berikut wisata alam Jogja yang harus menjadi tujuan wisata Anda, cek informasi lengkapnya di bawah ini dan pastinya jangan lupa berkunjung ya!

1. Wisata Pantai Wohkudu

Wisata Pantai Wohkudu
(instagram.com/ca.motret)

Wisata alam Jogja yang pertama bisa Anda sambangi adalah Pantai Wohkudu. Objek wisata pantai yang satu ini lokasinya berada di kawasan Gunung Kidul atau tepatnya berada di Dusun Wiloso, Kecamatan Panggang. Berbeda dengan pantai yang lain, pantai bernama Pantai Wohkudu ini memiliki garis pantai yang pendek.

Pantai ini diapit oleh dua buah tebing. Objek wisata Pantai Wohkudu sangat indah dan keindahannya masih tersembunyi. Di Pantai Wohkudu, Anda bisa bermain air atau bermain pasir dan ombak yang tenang pun akan memungkinkan bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan berkemah di area sepanjang pantai indah dan menawan ini.

2. Wisata Air Terjun Lepo Dlingo

Wisata Air Terjun Lepo Dlingo
(instagram.com/omtransjokja)

Jika Anda merasa bosan dengan wisata foto di bukit atau pantai, Anda bisa datang ke air terjun. Air Terjun Lepo Dlingo merupakan sebuah air terjun yang turunan airnya bersumber dari perbukitan. Air Terjun Lepo Dlingo memiliki sebanyak empat kolam dengan air yang jernih dimana masing – masing kolamnya memiliki tingkat kedalaman yang berbeda namun tidak lebih dari dua meter.

Kawasan wisata yang satu ini berada di Dusun Pokok 1, Desa Dlingo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Dianjurkan untuk Anda datang ke Air Terjun Lepo Dlingo menggunakan motor karena akses jalannya yang sempit. Mobil tidak akan bisa masuk ke kawasan wisata Air Terjun Lepo Dlingo ini.

3. Wisata Kali Kuning

Wisata Kali Kuning
(instagram.com/safrilaliyatno)

Jika Anda datang ke Kali Kuning, Anda bisa menikmati segala macam pesona pemandangan. Bahkan Anda bisa menikmati panorama Gunung Merapi dari atas Kali Kuning. Lokasi Kali Kuning berada di Bebeng, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Kali Kuning tidak hanya cocok untuk dijadikan spot foto. Melainkan Kali Kuning juga sangat cocok untuk menjadi lokasi berkemah atau outbound.

Di Kali Kuning, Anda akan menemukan pohon pinus, puspa dan juga rasamala yang banyak dijumpai. Udaranya juga sejuk dan sangat menyegarkan. Anda bisa mendengar suara gemericik air yang bersumber dari mata air Umbul Wadon. Pastinya di Kali Kuning, rasa penat Anda akan terusir seketika.

4. Wisata Pule Payung

Wisata Pule Payung
(instagram.com/sistjandra)

Kawasan wisata Pule Payung berada di Clapar 2, Hargowilis, Kulon Progo. Disini, Anda bisa berfoto bersama latar belakang danau, bukit dan hutan yang indah. Pihak pengelola sendiri menyediakan tempat untuk berfoto seperti halnya kursi gantung, lollipop, jembatan dan berbagai spot foto seru lain. Tentunya Anda bisa mengabadikan setiap moment di Pule Payung.

5. Wisata Jurang Tembelan Kanigoro

Wisata Alam Jogja Jurang Tembelan Kanigoro
(instagram.com/roh_kyt)

Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berburu mentari terbit. Waktu terbaik sendiri untuk mendapatkan moment sunrise yang mengesankan adalah di musim kemarau. Namun sebaliknya, jika di musim hujan pesona sunrisenya sedikit terhalang oleh awan dan kabut malam.

Lokasi dari Jurang Tembelan Kanigoro berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul. Jaraknya kurang lebih sekitar 22 km atau 1,5 jam dari Jogja. Anda bisa menggunakan sepeda ke Jurang Tembelan Kanigoro karena trek di daerah Mangunan cocok untuk penggemar downhill.

6. Wisata Songgo Langit Sukorame

Wisata Alam Jogja Songgo Langit Sukorame
(instagram.com/pandameoow)

Tidak hanya menjadi lahan yang menghasilkan makanan, ternyata sawah juga bisa menjadi sebuah spot wisata yang cantik. Luasnya mencapai 5 hektar. Songgo Langit Sukorame menjadi kawasan sawah wisata yang terawat dan memiliki pesona pemandangan yang sangat menarik.

Di Songgo Langit Sukorame juga akan Anda temukan sebuah jembatan bambu sepanjang 357 meter yang membentang di bagian atas sawah. Songgo Langit Sukorame berada di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Cara mencari Songgo Langit Sukorame sangat mudah. Anda juga bisa minta antar tukang ojek ke Songgo Langit Sukorame.

Sampai saat ini Songgo Langit Sukorame menjadi salah satu kawasan yang sangat terawat. Suasananya harus diperhitungkan, para pengelola yang mengelola Songgo Langit Sukorame bahkan juga menyewakan caping atau topi bundar sebagai property foto wisatawan yang datang ke Songgo Langit Sukorame.

Itulah beberapa aneka ragam wisata alam Jogja yang harus menjadi tujuan wisata Anda. Dapatkan berbagai hal seru dan menarik dengan melakukan perjalanan wisata di salah satu tempat wisata menarik diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here