Jika Anda baru pertama kali menginap di hotel dan sebelumnya belum pernah sekalipun menginap di hotel, maka Anda harus tahu bagaimana cara check-in dan check-out nya, serta harus paham istilah saat makan di resto hotel yang seringkali dilontarkan oleh pelayan.

Jika Anda tidak tahu tentang istilah-istilah tersebut tentu saja kebingungan akan Anda alami. Atau bahkan Anda bisa mengalami missed komunikasi dengan pelayan restonya.

Lantas apa sajakah istilah-istilah saat makan di resto hotel yang sangat penting untuk dipahami? Berikut ini informasinya:

Buffet service

Buffet Service

Buffet sudah banyak dipakai di restoran hotel kelas atas dan di kelas menengah. Terdapat berbagai macam makanan serta juga minuman yang ditawarkan diatas meja dan Anda bisa secara bebas mengambilnya sesuai dengan selera Anda.

Ada baiknya untuk Anda mengambil menu buffet sesuai dengan kapasitas perut Anda. Jangan terlalu banyak ataupun rakus ketika memilih menu buffet. Bisa – bisa Anda nantinya menjadi perhatian pengunjung yang lain ketika rakus.

Jika Anda ingin memesan menu yang tidak terdapat pada set buffet yang disediakan, Anda akan dikenai dengan charge tambahan namun Anda akan tetap dilayani oleh pelayannya.

Banquet

Banquet sebenarnya mirip dengan buffet service. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah makanan yang disiapkan untuk kelompok atau group dalam jumlah tertentu harus sesuai dengan pesanan. Jadi semua menu yang disajikan memang sudah ditentukan oleh pihak hotel sebelumnya.

Kebanyakan restoran hotel yang menawarkan layanan Banquet biasanya digunakan oleh sejumlah orang yang mengadakan rapat, seminar, pernikahan dan juga konferensi.

Ala Carte Menu

Menu Ala carte merupakan suatu susunan menu dimana menu makanan dan minuman ini dicantumkan setiap item dengan harga yang terpisah. Menu yang semacam itu juga berlaku di berbagai restoran secara umum.

Anda perlu sedikit bersabar juga ketika sedang memesan menu ala carte ini karena menu baru dimasak setelah dipesan. Setidaknya, Anda juga perlu lebih banyak waktu untuk ngobrol dengan pasangan dinner Anda.

Room Service Menu

Pilihan room service menu menawarkan pelayanan makanan untuk tamu di dalam suite, kamar atau di kabin. Layanan ini biasanya menawarkan menu yang lebih sedikit dibandingkan yang ditawarkan pada menu yang lain. Untuk bisa mendapatkan layanan room service menu, Anda perlu menghubungi via telepon di kamar hotel.

Table Service

Untuk menikmati Table service, Anda hanya perlu duduk manis di meja makan. Kemudian nanti waiter atau waitress akan segera melayani makanan dan minuman Anda. Terdapat jenis layanan meja table service Inggris, Perancis, Amerika dan Rusia tentu dengan gaya dan ciri khas yang masing – masing berbeda.

Table D’Hote

Table D’Hote merupakan suatu susunan hidangan lengkap yang ditawarkan untuk satu rentang harga. Terdapat sebanyak dua hidangan atau lebih yang ditawarkan pada menu dimana masing – masing memiliki harga tersendiri. Anda bisa memilih makanan diantara kelompok makanan tersebut.

Bar

Pada layanan bar ini tersedia aneka macam menu dengan tambahan makanan dan juga minuman ringan. Untuk menu utamanya sendiri terdiri atas draft atau bir botol, wine, cocktail dan juga aneka minuman special yang lain.

Karena masing-masing hotel memiliki resto dengan konsep dan tata cara sajian yang berbeda-beda maka istilah-istilah diatas sangat penting Anda pahami saat makan di resto hotel. Semoga aktivitas menginap Anda selalu menyenangkan traveler kece!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here