Indonesia yang merupakan negara agraris dan negara penghasil rempah terbesar di dunia, menjadikan negara ini kaya akan wisata kuliner. Mulai dari Sabang sampai Merauke punya ciri khas kuliner sendiri-sendiri yang berbeda sehingga mencintai Indonesia lewat rasa pastinya bisa dilakukan.

Hampir di masing-masing wilayah memiliki kuliner yang unik. Hal tersebut tentu juga menjadi salah satu alat pemantik keinginan wisatawan untuk semakin mengenal daerah tersebut.

Nah, mengenai apa saja kuliner Indonesia paling unik yang bisa ditemukan di berbagai wilayah ketika sedang traveling, berikut kami berikan daftarnya untuk Anda!

Nasi bambu kuliner unik khas Indonesia

Nasi Bambu

Nasi bambu merupakan suatu kuliner nasi yang dibungkus dengan batang bambu. Konsep nasi dengan dibungkus batang bambu ini kemudian dibakar menjadikan cita rasa nasinya sangat unik.

Konsep semacam ini bisa ditemukan di aneka sajian masakan khas Manado seperti nasi jaha, ayam bakar bumbu khas Palu, dan juga pa’piong toraja.

Sate Lilit Khas Klungkung

Sate lilit khas Klungkung pada awalnya berasal dari daerah Klungkung saja. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, popularitas dari sate ini mengalami peningkatan. Sekarang kuliner sate lilit bahkan sudah banyak dijual di berbagai tempat yang ada di Denpasar, Badung, Gianyar dan berbagai wilayah Bali.

Sate lilit khas Klungkung sendiri terbuat dari bahan dasar daging ikan tuna yang dilumatkan. Kemudian daging tersebut dimasukkan ke dalam adonan dan selanjutnya dibakar sebelumnya dibaluri dengan bumbu yang memiliki aroma kunyit dan serai yang kuat.

Bagi Anda yang kurang suka ikan, tenang saja karena saat ini sudah banyak penjual sate yang menyediakan sate lilit yang terbuat dari daging ayam.

Gudeg kuliner unik khas Indonesia

Gudeg

Rasanya belum juga lengkap jika ke Jogja namun belum mencoba kuliner yang satu ini. Gudeg merupakan kuliner yang dibuat dari bahan nangka muda kemudian dimasak dengan santan sampai warnanya menjadi kecoklatan.

Cita rasa dari gudeg sangat khas. Bagi Anda pecinta makanan pedas tentu akan mendapatkan berbagai cita rasa yang lezat dari Gudeg. Akan tetapi jika Anda tidak suka masakan pedas Anda juga tak perlu bingung karena gudeg ini bisa disajikan tanpa sambal sehingga Anda yang kurang suka pedas akan aman menyantap gudeg.

Bebek Sinjay

Bebek sinjay merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal sampai saat ini. Bebek sinjay merupakan kuliner asal Surabaya yang memiliki cita rasa daging gurih dan empuk. Satu porsi bebek sinjay biasanya disuguhkan dengan tarif sekitar 25 sampai 30 ribu rupiah sudah termasuk nasi, minum dan sambal pencit yang spektakuler.

Lenggang kuliner unik khas Indonesia

Lenggang

Palembang juga punya makanan andalan yang tak boleh dilewatkan. Kuliner andalan dari Palembang salah satunya adalah Lenggang. Sama halnya seperti pempek, makanan Lenggang dibuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dicampur bersama olahan daging ikan yang dapat dinikmati bersama cuko.

Banyak orang yang selama ini menyamakan antara Lenggang dan Pempek. Sebenarnya keduanya berbeda. Selain dari segi proses, pembeda lenggang dan pempek adalah pembuatannya.

Lenggang dibuat dengan cara menaruh adonan pada suatu wadah daun pisang dan kemudian dibakar setengah matang. Baru selanjutnya adonan akan ditambahkan bersama telur bebek baru sampai matang seutuhnya.

Rujak Natsepa

Berbeda dengan rujak yang biasa kita temukan, sambal kacang yang terdapat pada rujak natsepa ini justru didominasi dengan cita rasa manis dari gula merah yang justru akan menguatkan cita rasa sambal kacang yang digunakan.

Penggunaan pala dan pangkal buah belimbing juga semakin menjadi pembeda rujak ini dengan rujak varian yang lain. Rujak ini menggunakan buah tropis khas Pulau Seram. Buah tropis yang digunakan sebagai bahan Rujak natsepa adalah belimbing, nanas, mentimun, bengkoang dan sebagainya.

Rujak ini tidak dapat dibuat dengan sembarangan. Katanya rujak ini hanya boleh dibuat oleh wanita berdasarkan kepercayaan secara turun temurun.

Mie Cakalang Rumah Palem

Mie Cakalang Rumah Palem

Selama ini Manado terkenal dengan pesona pantai Bunaken dan juga aneka seafood yang menjadikan hati ingin pergi kesana. Mie Cakalang Rumah Palem merupakan cita rasa mie yang lain dari lainnya. Ketika ditambah sambal dan juga perasan jeruk nipis di bagian atasnya, Anda akan semakin jatuh hati dengan cita rasa dari Mie Cakalang Rumah Palem ini.

Anda yang suka traveling, Anda bisa mencicipi juga salah satu dari aneka kuliner unik khas Indonesia diatas. Cita rasa unik dan menariknya pasti akan sangat Anda suka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here