Bali merupakan primadona pariwisata Indonesia yang sudah populer di seluruh dunia. Tak hanya popular dengan keindahan alam terutama pantainya, Bali juga populer dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik untuk disaksikan dan dipelajari.

Bali sebagai destinasi wisata yang lengkap dan terpadu mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik, apa saja tempat wisata di Bali yang populer di kalangan wisatawan? simak ulasannya dibawah ini.

1Pantai Kuta

Pantai Kuta
(instagram.com/alyonka_zhurykho)

Pantai Kuta merupakan tempat wisata di Bali yang paling populer dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula.

Pantai Kuta juga populer dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Pantai ini mempunyai pemandangan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap.

2Tanah Lot

Tanah Lot
(instagram.com/smcgeough93)

Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang populer dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura yang merupakan pura tempat memuja dewa laut.

Keunikan utama dari Tanah Lot ini adalah adanya pura yang berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Ketika air laut pasang, kamu tidak bisa mendekat ke Pura Tanah Lot sebab di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Ketika air surut kamu bisa melihat beberapa ular laut yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot.

3Danau Bratan

Danau Bratan
(instagram.com/pegi_pegi)

Danau Bratan merupakan sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Bratan yaitu keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu berlokasi di pinggir Danau dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Bratan.

4Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
(instagram.com/_aaaallll)

Garuda Wisnu Kencana atau GWK merupakan sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. GWK merupakan sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta.

Selain patung, kamu juga bisa melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan dipenuhi dengan pahatan. Tak hanya itu, di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, kamu bisa menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

5Pantai Lovina

Pantai Lovina
(instagram.com/dolphinsunriselovina)

Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan lokal. Pantai ini merupakan salah satu wisata pantai di Bali yang saya sukai, sebab di Pantai Lovina kita bisa melihat lumba-lumba berenang dan meloncat-loncat di habitat aslinya.

Terletak di Bali Utara, dekat dengan Kota Singaraja, kamu akan diajak pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina biasanya akan muncul pada pagi hari, oleh sebab itu biasanya para wisatawan akan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.

6Pura Besakih

Pura Besakih
(instagram.com/sikadekdes)

Pura Besakih merupakan sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu, sebab Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali.

Pura Besakih dibangun dengan konsep kombinasi dari keseimbangan manusia, Tuhan, dan alam atau disebut dengan Tri Hita Karana. Untuk bisa memasuki area Pura Besakih, kamu harus menggunakan sarung yang bisa disewa di sekitar wilayah Pura.

7Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu
(instagram.com/stef_lange)

Pura Uluwatu merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, tetapi juga menawarkan keindahan panorama, terutama keindahan pemandangan matahari tenggelamnya yang sudah sangat populer.

Di tempat yang satu ini, kamu akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya sebagai penjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, kamu harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

8Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
(instagram.com/michaell_mike)

Pantai Jimbaran merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang paling populer. Pada saat kamu datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan kamu lihat merupakan deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah.

Pantai Jimbaran populer dengan kuliner Bali pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Tempat ini sangatlah cocok untuk kamu yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali.

Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, sehingga tidak membahayakan kamu yang sedang makan berbagai kuliner khas Bali yang lezat di pinggir pantai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here