Cerita rakyat Malin Kundang tentu sudah akrab di telinga kita. Ternyata legenda satu ini begitu lekat dengan salah satu pantai di Padang, yakni Pantai Air Manis. Di sekitar pantai cantik ini terdapat sebuah batu karang yang berbentuk seperti manusia yang sedang bersujud.

Masyarakat sekitar meyakini bahwa batuan tersebut merupakan wujud dari Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya. Dari batu tersebutlah wisata Pantai Air Manis makin populer. Bahkan menjadi salah satu andalan wisata di Padang.

Destinasi wisata satu ini memang begitu ikonik. Bagi yang berkunjung ke Sumatera Barat pun belum lengkap tanpa menyambangi wisata alam pantai ini. Selain batu yang konon merupakan wujud Malin Kundang, pemandangan alam di sekelilingnya juga begitu indah.

Fasilitas pendukungnya juga tak kalah lengkap dari destinasi pantai lainnya. Nah jika penasaran apa saja yang menarik di Pantai Air Manis ini, berikut ulasan tempat wisatanya untuk anda.

Batu Malin Kundang yang melegenda
(instagram.com/de.wa_)

Batu Malin Kundang yang melegenda

Pantai Air Manis merupakan salah satu pantai yang begitu ikonik. Sebab terdapat sebuah batu yang dipercaya sebagai perwujudan dari Malin Kundang. Malin Kundang sendiri merupakan sosok yang terkenal durhaka kepada ibunya kemudian dikutuk menjadi batu.

Batu berbentuk seperti manusia yang sedang bersujud ini memang menjadi ikon tersendiri. Namun ada pula yang hanya mempercayai bahwa batu karang ini hanyalah fenomena alam biasa.

Wisata Pantai Air Manis Padang yang Melegenda
(instagram.com/widih09)

Pantai populer di Sumatera Barat

Wisata Pantai Air Manis begitu populer. sebab selain lekat dengan legenda Malin Kundang, lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota. Tak heran jika kawasan ini selalu ramai pengunjung.

Ombak pantainya tidak terlalu besar, pasir putih kecoklatannya makin menambah panorama alamnya. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat batuan karang yang ada di beberapa area bibir pantai. Di ujung utara pantai terdapat Gunung Padang yang makin menambah panoramanya.

Pantai populer di Sumatera Barat
(instagram.com/ridwan_muhammad_ridwan)

Fasilitas dan tiket masuk

Jika ingin menginap, sejumlah penginapan tersedia di kawasan wisata ini. selain itu beberapa warung makan, toko souvenir dan penyewaan perlengkapan pantai juga sudah tersedia.

Liburan di pantai cantik ini sangat disarankan jika anda mencoba berselancar. Atau bisa berenang dengan pelampung. Bermain pasir pantai atau sekedar bersantai di tepian bibir pantai juga bisa anda coba. Tiket masuknya sebesar 5 ribu rupiah untuk setiap hari dengan waktu buka 24 jam.

Pantai Air Manis
(instagram.com/afdalamran)

Lokasi dan rute

Pantai Air Manis berada di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Dari pusat kota, anda bisa berjalan ke arah selatan sejauh 10 km. Lokasinya ada di belakang Gunung Padang sehingga mudah diakses dari arah manapun.

Tak heran dari lokasinya yang mudah dijangkau, wisatawan lebih senang liburan ke pantai cantik ini. Selain Pantai Air Manis, anda juga bisa menyebrang ke Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here