Rasanya tak berlebihan apabila banyak Tempat Wisata Kulon Progo dijuluki sebagai tempat di mana paduan panorama alam berpadu dengan hijaunya perbukitan yang begitu luas. Kota ini mempunyai banyak sekali potensi alamnya, terutama potensi wisatanya yang masih harus terus di-explore.

Deretan perbukitan karst yang ditutupi dengan vegetasi subur khas tanah Menoreh tidak hanya menyajikan keindahan yang luar biasa menawan, tetapi juga mampu menghipnotis mata dengan bentuk koridor dalam perut bumi dan air terjun alami dan asri. Perbukitan Menoreh tidak hanya satu-satunya daya tarik bagi Kulon Progo, ada juga pantai Glagah yang mempunyai magnet tersendiri di banding pantai yang ada di selatan pulau Jawa.

Terletak di bagian barat Yogyakarta. Jaraknya yang hanya sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota, menjadikan Kulon Progo sebagai tujuan wisata yang layak dikunjungi. Apabila kamu bingung apa saja Tempat Wisata Kulon Progo yang harus kamu datangi, berikut akan kami rekomendasikan 7 Tempat Wisata Di Kulon Progo Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Liburan.

1Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo
(instagram.com/fergie_indah)

Keindahan air terjun muncul dari sudut-sudut eloknya Samigaluh. Lokasinya yang cukup tersembunyi, sekitar 75 meter membuat para wisatawan agak sulit menemukan wisata air terjun ini. Air Terjun Sidoharjo juga dikenal sebagai Niagara mini, dan semakin eksotis di musim hujan ketika aliran air jatuh menimpa bebatuan di bawahnya. Campuran tebing batu air terjun yang tinggi dan jeram, sering membuat orang-orang yang berada pada jarak 3 meter dari air terjun menjadi basah.

Pesona lain yang dapat ditemukan di tempat ini merupakan  bunga liar yang tumbuh berlimpah. Apabila beruntung juga bisa menonton monyet ekor panjang yang menggantung di pohon-pohon di dekatnya. Tetapi, cerita lain ketika di musim kemarau, jangan harap untuk melihat air terjun ini, sebab airnya kering.

2Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo
(instagram.com/susidarto)

Nama Grojogan Sewu tidak asing bagi sebagian masyarakat yang tinggal Jawa Tengah. Tapi siapa sangka di Jogja juga ada air terjun dengan nama yang sama. Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Beteng, Girimulyo. Hal ini disebut demikian karena ada banyak air cepat yang melaju sebelum jatuh ke kolam renang alami di bawahnya, sehingga terlihat seperti beberapa air terjun menjadi satu.

Tempat Wisata Air terjun ini tidak pernah keruh meski pun selama musim hujan. Hal ini membuat banyak wisatawan bersedia datang jauh-jauh ke Tempat Wisata Kulon Progo bernuansa alam. Tak hanya indah, pohon-pohon rindang di sekitarnya juga membuat tempat ini teduh dan sejuk. Mencoba untuk berenang di kolam renang alami atau menikmati perkampungan sekitarnya, akan membuat penatmu hilang seketika.

3Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulon Progo
(instagram.com/galihsan)

Waduk Sermo merupakan  satu-satunya waduk di Yogyakarta. Bukit-bukit hijau Menoreh merupakan  latar belakang wisata alam ini yang membuatnya tampak seperti danau alami bila dilihat dari kejauhan. Untuk menikmati keindahannya, kamu bisa mengelilingi waduk atau bisa menyewa perahu bebek di sepanjang sisi waduk.

Selain jalan-jalan, waduk ini juga menjadi favorit bagi kamu yang hobi memancing. Ikan “Red Devil” merupakan  jenis umum dari ikan yang akan menyambar umpan nelayan karena jenis ikan predator inilah yang menghuni waduk. Tidak hanya itu, Waduk Sermo juga dikenal karena mempunyai malam yang indah sehingga wajar rasanya ketika banyak orang yang menghabiskan malam mereka di sini.

4Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Indah Kulon Progo
(instagram.com/hendra_kusuma112)

Tempat Wisata Pantai Glagah merupakan  pantai yang paling terkenal di Kulon Progo. Nuansa laguna dan ombaknya yang bergulung-gulung menjadi daya tarik unik yang tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lain di Yogyakarta. Tetrapod sebagai pemecah ombak di kanan dan sisi kiri dermaga tampak siap menghadapi gelombang sengit Samudera Indonesia. Di bagian atas dari tetrapod-tetrapod merupakan  tempat nelayan membuang umpan dan menunggu ikan Surung dan Layur menyambar umpan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Glagah merupakan  ketika bulan baru dan pasang. Pada saat itu, kamu bisa melihat daya tarik ombak di pantai ini. Gelombang beradu lari dengan angin, memukul tetrapoda dan buihnya mencapai dermaga. Apabila kamu di sekitaran pantai, cobalah untuk duduk merenung mengagumi cipta Tuhan.

Walaupun tampaknya lucu, berenang di pantai tidak dianjurkan. Tak hanya gelombang besar, karakteristik pantai selatan yang berada di belakang gelombang membuatnya berbahaya untuk berenang. Tapi jangan kecewa, sebab ada banyak laguna di tempat ini yang akan mendamaikan pikiranmu. Ada banyak wahana untuk bermain Pantai Glagah, seperti bebek perahu, kano, sampai melihat nelayan menjalankan perahunya. Suasana matahari terbenam di dermaga pantai menjadi hal favorit yang tak boleh dilewatkan. Untuk penggemar foto, kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai objek dengan matahari terbenam sebagai latar belakangnya, terlalu indah apabila tidak diabadikan.

5Goa Kidang Kencono

Goa Kidang Kencono Kulon Progo
(instagram.com/dewipuri_jogja)

Sebuah lubang dengan diameter sekitar dua meter merupakan pintu masuk yang mengarah ke perut gelap bumi. Setelah aliran sungai dengan bantuan cahaya lampu, kamu akan bertemu dengan Langkit Kuntoro, Bulus, Ringin Kurung, Pancoran Candi Sewu, Manik dan beberapa stalagmit stalaktit di goa yang eksotis ini.

Goa ini ditemukan oleh Mbah Bongsoriyo ratusan tahun lalu, sekarang ini menjadi salah satu tempat wisata alternatif alam yang menakjubkan di area bukit Menoreh. Koridor panjang sekitar 350 meter ini akan menjadi pengalaman menarik saat kamu mengunjunginya. Tur goa Kidang Kencono masih relatif baru, tetapi akses jalan, peralatan keamanan dalam mengeksplorasi cukup lengkap dan aman. Kamu akan kagum dengan relief di dalam gua hanya satu menit setelah kamu sampai di goa ini.

6Goa Kiskendo

Goa Kiskendo Kulon Progo
(instagram.com/gadis785)

Umumnya goa hanya menyajikan kan ornamen indah stalaktit dan stalagmit, tetapi berbeda dengan Goa Kiskendo. Sepotong kisah Ramayana telah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Dikisahkan, Goa Kiskendo merupakan rumah bagi saudara berkepala kerbau dan sapi, Mahesasura dan Lembusura. Tak hanya itu, di sini menjadi tempat pertempuran sengit mereka melawan Subali, pria monyet. Kisah pertempuran diukir dalam bebatuan yang dapat ditemukan disebelah kanan dan kiri sebelum pintu masuk. Sekarang, sepotong kisah Ramayana juga bisa dinikmati dalam bentuk sendratari yang diselenggarakan di kawasan wisata Goa Kiskendo.

Masuk ke dalam goa, kamu bisa melihat 9 situs pertapaan, yaitu: Padasan, Semelong,  Kusuman, Pertapaan Tledek, Santri Tani, Lumbung Kampek, Seterbang, Selumbung dan Sekkamung. Di tengah goa, dekat koridor mirip dengan sebuah ruangan kecil, ada tong penuh air. Tetes air stalaktit bisa minum untuk melepaskan dahagamu, setelah menjejaki setiap bagian goa sekitar 1 km. Lingkungan sekitar Goa Kiskendo sangat bagus, ada taman bermain dengan ayunan, jungkat-jungkit dan panjat tebing. Selain itu, daerah ini juga cocok sebagai rekreasi keluarga.

7Wisata Kalibiru

Kalibiru Kulon Progo Jogja
(instagram.com/hafidpramanto)

Tempat ini mendadak jadi begitu populer karena mempunyai satu tempat foto yang sangat menawan dan mempesona. Tempat foto yang unik ini menjadi begitu istimewa sebab kamu bisa melihat suasana perkampungan Kulon Progo beserta liuk indah Waduk Sermo dan gagahnya bukit Menoreh.

Di pagi hari, dalam perpaduan kabut emas yang menempel di puncak Menoreh akan membuatmu sadar bahwa tempat ini tak akan terlupakan. Sementara itu, suasana senja yang mengubah warna langit menjadi kuning keemasan terasa begitu menenangkan. Untuk mencapai desa wisata Kalibiru ini tidak terlalu sulit, tetapi butuh kehati-hatian. Sebab rute jalannya yang naik turun dan belum begitu baik.

Ya, itulah artikel tentang wisata mengenai tempat wisata di Kulon Progo yang bisa kamu kunjungi saat liburan . Jadi mana yang ingin segera kamu kunjungi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here