Di daerah gunung kidul yogyakarta terkenal dengan wisata pantainya. Ada banyak wisata pantai yang indah di gunung kidul. Dulu pantai gunung kidul yang paling popular adalah baron, kukup, krakal atau dikenal dengan pantai BKK.

Namun sekarang sudah banyak puluhan pantai baru yang lebih indah dan keren. Dengan pantai pasir putih, ombak yang besar dan pemandangan alam memukau. Berikut ini daftar pantai gunung kidul yang wajib dikunjungi.

1Pantai Nglolang

Pantai Nglolang
(instagram.com/m_nyoel)

Liburan ke pantai nglolang akan merasa liburan ke pantai pribadi. Karena lokasi pantai ini masih tersembunyi dan belum banyak orang yang tahu. Pantai ini berada di sebelah barat pantai sepanjang. Memiliki keindahan alam yang memukau dan cocok untuk melepas penat.

Pemandangan matahari terbenam disini juga begitu indah. Anda bisa mendirikan tenda dan camping di tepi pantai. Tiket masuknya sekitar Rp 10.000 per orang, fasilitas cukup lengkap. Ada kamar mandi dan warung makan kecil. Lokasinya di desa kemadang, kecamatan tanjungsari, kabupaten gunung kidul.

2Pantai Sanglen

Pantai Sanglen
(instagram.com/wisatajogja_)

Pantai sanglen berada di antara pantai sepanjang dan pantai watu kodok. Lokasinya tersembunyi, jadi serasa private beach. Apalagi anda datang saat weekday. Dengan pasir putih yang bersih dan dikelilingi bebatuan yang indah.

Air lautnya pun jernih dengan ombak yang besar, namun akses menuju ke pantai ini cukup sulit. Sudah ada fasilitas mushola, toilet, persewaan tenda dan warung makan. Biaya retirbusinya sekitar Rp 7000 per orang. lokasinya di esa kemadang, kecamatan tanjungsari, gunung kidul.

3Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok
(instagram.com/jogjajateng)

Lokasinya masih di desa kemadang, tanjungsari. Pantai ini memiliki pasir putih dan laut biru yang indah. Anda bisa naik ke atas bukit dan melihat keindahan pantai ini dari atas. Bibir pantainya cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk camping.

Suasana sore hari di pantai watu kodok sangat indah. Disini anda tidak hanya bisa melihat sunset tetapi juga sunrise. Untuk fasilitasnya juga sudah lengkap. Ada mushola, warung makan, area parkir dan penginapan.

4Pantai Nguluran

Pantai Nguluran
(instagram.com/rini.rin.rini)

Di pantai nguluruan terdapat jembatan kaca yang bening, atau sering disebut Teras Kaca. Dari jembatan ini anda bisa melihat ombak laut yang kencang. Anda bisa menuju ke jembatan dan berfoto di atasnya, dengan latar belakang laut yang luas.

Akan menjadi pengalaman yang berbeda dibandingkan pantai gunung kidul lainya. Akan menguji adrenalin anda untuk berada di ujung jembatan. Pantai nguluran berada di bolang, girikarto, kabupaten gunung kidul.

5Pantai Sarangan

Pantai Sarangan
(instagram.com/janeytra)

Pantai sarangan memiliki suasana pantai yang alami. Di tepi pantai terdapat bebatuan, sehingga pantai ini sulit digunakan berenang. Suara ombak terhempas di tebing, membuat keindahan di pantai ini. anda juga bisa melihat laut dari atas bukit.

Pantai sarangan menjadi salah satu pantai terindah untuk melihat matahari terbit di gunung kidul. Untuk fasilitasnya sudah nyaman dan lengkap. Ada gazebo, warung makan, toilet dan penginapan. Pantai ini berada di desa ngestirejo, kecamatan tanjungsari, kabupaten gunung kidul.

6Pantai Widodaren

Pantai Widodaren
(instagram.com/sitii_nurjanahh)

Pantai gunung kidul selanjutnya adalah pantai widodaren. Pantai tersembunyi ini akan memberikan pengalaman yang berbeda. Di atas laut ada bukit dengan rumput hijau yang indah. Anda bisa mendirikan tenda disini dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Suasananya sangat tenang, dengan suara deburan ombak. Di tepi pantai anda bisa merasakan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pantai ini berada di desa kanigoro, kecamatan saptosari, kabupaten gunung kidul.

7Pantai Nglimun

Pantai Nglimun
(instagram.com/taaaqim)

Pantai nglimun ada di desa krambil sawit, kecamatan saptosari, kabupaten gunung kidul. Disini anda akan melihat panorama laut yang indah. Air laut yang bersih, pantai pasir putih dan bukit yang hijau.

Dari pantai ngedan, anda hanya butuh berjalan kaki 10 menit ke pantai nglimun. Pantai ini sering dijadikan spot memancing, karena jumlah ikannya banyak.

8Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum
(instagram.com/eka_pita_hayu)

Pantai kayu arum lokasinya tidak jauh dari baron tekno park. Anda bisa berjalan kaki dengan jarak 1 km. anda bisa masuk dari baron tekno park dan memarkirkan kendaraan disana. Kemudian berjalan kaki menuju pantai kayu arum. Perjalanannya membutuhkan waktu 20 menit dengan jalan kaki.

Sesampainya di pantai, anda akan melihat pantai pasir putih yang indah. Tempatnya masih sepi dan tenang. Cocok untuk melepas penat di kepala. Lebih tepatnya berada di desa kanigoro, kecamatan saptosari, kabupaten gunung kidul.

9Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu
(instagram.com/jogjabikinlaper)

Keindahan pantai ini sangat indah dan tidak perlu diragukan lagi. Pemandangan alamnya sangat memukau dengan tebing bebatuan yang menghiasi pantai. Air laut jernih, pasir putih dan bebatuan alami. Tatanan tebingnya bisa dijadikan spot foto yang indah.

Anda bisa camping dibawah tebing yang menjorok, sehingga berbentuk seperti gua. Lokasinya ada di wiroso, desa girikarto, kecamatan panggang, kabupaten gunung kidul.

10Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
(instagram.com/nrl.inyh)

Pantai sepanjang termasuk pantai yang popular di gunung kidul. Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang. Di sepanjang pantai terdapat pasir putih yang bersih. Dari kota jogja ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dengan sepeda motor. Air lautnya juga jernih, membuat kita ingin segera bermain air.

Fasilitasnya sudah ada warung makan, tempat camping, persewaan tenda, toilet, gazebo dan lainnya. lokasinya di desa kemadang, tanjung sari. Lokasinya dekat dengan pantai lain di gunung kidul., seperti indrayanti, krakal, baron, pok tunggal dan lainnya.

11Pantai Sedahan

Pantai Sedahan
(instagram.com/al.rasyd)

Pantai sedahan memiliki bibir pantai yang luas, dengan pasir putih yang halus. Di depan pantai terdapat tebing tinggi yang membuat pemandangan di pantai ini semakin indah. Akses jalan menuju pantai ini sangat indah. Anda bisa duduk di tepi pantai atau bermain air.

Ombaknya besar tapi masih aman untuk berenang di tepinya. Untuk fasilitasnya sudah ada kamar mandi, area parkir dan warung makan. Lokasinya di desa jepitu, kecamatan girisudo, kabupaten gunung kidul.

Selain daftar pantai gunung kidul di atas, masih banyak pantai yang bisa anda kunjungi. Setiap pantai memiliki pesona alam yang berbeda-beda. Anda bisa menjelajah puluhan pantai di gunung kidul. Karena masih banyak pantai yang belum di buka untuk umum. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here