Kulon Progo adalah nama dari sebuah kabupaten yang secara administratif masih menjadi bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Kulon Progo menjadi kabupaten yang lokasinya berada di bagian paling barat Yogyakarta.

Kabupaten Kulon Progo memiliki wilayah dengan luas total mencapai 586,27 km² yang mana topografi wilayahnya cukup bervariasi di mana bagian selatan merupakan kawasan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia serta kawasan dataran tinggi yang berada di bagian utaranya.

Sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta, tentu saja Kabupaten Kulon Progo menyimpan potensi wisata yang tergolong besar sehingga hal tersebut akan mampu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Anda akan bisa menemukan banyak sekali objek wisata menarik yang tersebar di wilayah Kulon Progo, salah satunya adalah Waduk Sermo. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang begitu mempesona sehingga sangat sayang untuk Anda lewatkan, berikut ini akan kami ulas wisata Waduk Sermo selengkapnya.

Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta
(instagram.com/hepi_listia)

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Waduk Sermo

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa objek wisata Waduk Sermo ini lokasi persisnya berada di Dusun Sermo Lor, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta di mana lokasinya tidaklah terlalu jauh dari pusat kota sehingga tidak terlalu sulit untuk dicapai.

Selain itu Akses jalan menuju ke objek wisata Waduk Sermo juga sudah tergolong memadai dan bisa dilewati oleh kendaraan sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Waduk Sermo
(instagram.com/sekarayuri)

Mengenal Waduk Sermo

Waduk Sermo adalah salah satu program IISP yang dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yang mulai dibangun pada tanggal 1 Maret 1994 dan selesai pada Oktober 1996.

Waduk Sermo dibangun dengan membendung Sungai Ngrancah dan mampu menampung air hingga 25 juta meter kubik. Selain dijadikan sebagai objek wisata, Waduk Sermo juga memiliki fungsi sebagai pengairan dan untuk menyuplai air bagi penduduk sekitar.

Pesona Keindahan Waduk Sermo
(instagram.com/baguswijonarko_)

Pesona Keindahan Waduk Sermo

Selain memiliki manfaat yang sangat besar bagi penduduk sekitar, ternyata Waduk Sermo juga menawarkan keindahan panorama alam yang sangat mempesona sehingga menjadikan waduk ini sangatlah sesuai sebagai tempat rekreasi.

Tidak hanya itu saja, objek wisata Waduk Sermo juga telah menyediakan berbagi spot foto yang menarik antara lain Taman Munggur, Bukit Pethu, dan Gumuk Sri Tinon sehingga Anda bisa mengabadikan momen liburan di waduk ini.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Waduk Sermo
(instagram.com/imamarivin)

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Waduk Sermo

Untuk bisa masuk ke kawasan Waduk Sermo, tentu saja para wisatawan akan dikenakan tiket masuk yakni sebesar 2 ribu per orang yang mana tergolong sangat terjangkau, objek wisata yang satu ini dibuka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Selain itu objek wisata Waduk Sermo juga telah dikelola dengan baik sehingga Anda tidak perlu khawatir di mana pihak pengelola telah menyediakan fasilitas pendukung yang lengkap dan memadai agar wisatawan merasa nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here