Kota Pasuruan terdapat beberapa tempat wisata menarik dan unik yang akan membuat kita senang ketika mengunjunginya. Wilayah Pasuruan sendiri berbatasan dengan beberapa daerah yang secara nasional sudah dikenal sebagai daerah wisata seperti Kota Batu di barat daya, Probolinggo di timur serta Malang.

Apabila anda tinggal di Pasuruan dan membutuhkan liburan untuk mengisi akhir pekan, tak perlulah jauh-jauh keluar kota karena di Pasuruan sendiri ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi dan membuatmu semakin bangga sebagai anak Pasuruan.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Pasuruan, Jawa Timur yang bisa anda simak dibawah ini.

1Indonesia Safari Park II Prigen

Indonesia Safari Park II Prigen
(instagram.com/tamansafariprigen)

Taman Safari 2 yang ada di Pasuruan ini adalah cabang dari Taman Safari yang ada di Bogor. Lokasi Taman Safari 2 berlokasi di Desa Jatiaro, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, lokasinya berlokasi di kaki Gunung Arjuna dengan luas area mencapai 400 hektar.

Taman Safari 2 adalah salah satu pusat konservasi di Jawa Timur. Tempat ini dibangun dengan konsep modern zoo yaitu binatang-binatang yang ada di dalamnya dibiarkan hidup bebas seperti di habitat aslinya.

Di sini tersedia berbagi macam fasilitas, salah satunya adalah “Safari Adventure” di mana para pengunjung bisa terlibat dalam proses perawatan binatang, seperti memberi makan.

Beberapa fasilitas lain yang ada di Taman Safari 2 antara lain Safari Outbound, Education Package Elephant Journey, Swimming with Dolphin, Students dan Animal Education Show.

2Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi
(instagram.com/amelia.ir)

Apabila membutuhkan tempat ngadem untuk ngobrol santai bersama teman atau keluarga, Kebun Raya Purwodadi bisa anda jadikan pilihan. Kebun Raya yang berlokasi di tepi jalan raya Malang-Surabaya yang dipenuhi oleh pohon-pohon dan rumput hijau di mana kita bisa berteduh di bawahnya.

Luas dari Kebun Raya ini mencapai 85 hektar dengan koleksi 10.000 jenis tumbuhan dan pohon. Berbagai macam fasilitas juga telah tersedia di sana seperti sebuah danau buatan, kolam renang untuk anak-anak, serta taman bermain.

Wisata Kebun Raya Purwodari yang ada di Pasuruan ini adalah bagian dari Kebun Raya Bogor.

3Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung
(instagram.com/alampasuruan)

Coban Baung adalah air terjun yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kebun Raya Purwodadi. Masih di kecamatan yang sama, tempat wisata air terjun ini berlokasi di Desa Cowek kecamatan Purwosari – Pasuruan.

Air terjun dengan tinggi sekitar 100 meter ini adalah pertemuan dari dua aliran sungai yakni Sungai Welang dan Sungai Beji. Lokasi air terjun berlokasi di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung, tepatnya berada di lereng Gunung Baung.

Berbagai macam fasilitas sudah tersedia sekitar air terjun. Sehingga membuat tempat ini menjadi lebih nyaman ketika dikunjungi.

4Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo
(instagram.com/muhammadfani94)

Air Terjun Kakek Bodo adalah air terjun yang cukup mudah diakses. Tempat Wisata Air terjun ini berlokasi di Tretes, Kecamatan Prigen yang dikenal sebagai salah satu kawasan wisata bernuansa alam pegunungan.

Tretes adalah salah satu jalur pendakian Gunung Arjuna dan Welirang. Lokasi Air Terjun Kakek Bodo sendiri berlokasi di ketinggian 850mdpl dengan tinggi sekitar 50 meter. Nama air terjun ini diambil dari sebuah makam yang berlokasi tidak jauh dari lokasi air terjun.

Tempat ini mempunyai udara yang khas pegunungan yaitu adem dan segar sehingga bisa melepas kita dari kepenatan aktivitas sehari hari.

5Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan
(instagram.com/bhakti_alam)

Wisata Agrowisata Bhakti Alam adalah salah satu tempat terbaik yang bisa dikunjungi untuk menikmati hari libur bersama keluarga. Agrowisata ini lokasinya berlokasi di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur.

Kebun buah yang luas adalah tempat menarik yang dapat kita kunjungi di tempat ini. Berbagai macam fasilitas mulai dari arena outbond hingga area camping ground sudah tersedia di sana.

Apabila anda datang dari luar kota dan ingin bermalam, di sekitar Bhakti Alam sudah banyak penginapan dengan harga yang bervariasi sesuai kelasnya.

6Agrowisata Bukit Flora Pasuruan

Agrowisata Bukit Flora Pasuruan
(instagram.com/agrowisata_bukit_flora)

Bukit Flora adalah agrowisata yang ada di Pasuruan selain Bhakti Alam yang bisa anda kunjungi di Kecamatan Tutur. Tempat ini adalah sebuah agrowisata di mana kita bisa belajar tentang berbagai macam tumbuhan sambil ber-tamasya.

Bukit Flora berlokasi di ketinggian sekitar 700 mdpl sehingga suasana disana terasa nyaman dan cenderung sejuk. Berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata juga sudah terseda di Bukit Flora seperti outbond serta flying fox.

7Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati
(instagram.com/khoiirul_a6)

Danau Grati atau Ranu Grati adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Grati, Pasuruan. Lokasi danau ini berlokasi di tiga desa yakni Desa Sumber Dawesari, Desa Ranu Klindungan, dan Desa Gratitunon.

Luasnya mencapai 198 hektar. Di tempat ini anda bisa berkeliling mengitari danau menggunakan perahu akan jadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Danau Ranu Grati.

8Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru
(instagram.com/pemandianalambanyubiru)

Wisata Pemandian Alam Banyu Biru adalah sebuah pemandian yang cukup unik di Pasuruan. Pemandian Alam Banyu Biru berupa kolam tempat pemandian yang dipenuhi oleh ikan-ikan yang hidup dengan bebas dan tak seorangpun yang berani mengambilnya.

Ikan-ikan tersebut sering disebut dengan Ikan Sengkaring dan dikeramatkan oleh warga setempat. Menurut kabar warga sepempat , air yang ada di kolam pemandian ini juga dipercaya bisa membuat awet muda.

Selain itu, Pemandian Alam Banyu Biru adalah tempat yang asik untuk bermain air. Apalagi airnya berasal dari sumber alami sehingga terasa lebih segar, sehingga membuat tubuh menjadi lebih fresh.

9Candi Jawi

Candi Jawi
(instagram.com/khoirulamin97_)

Candi Jawi merupakan sebuah candi Hindu-Buddha yang dibangun pada abad ke-13. Candi ini unik sebab dikelilingi oleh kolam teratai. Tujuan pembuatan candi ini diperkirakan untuk menyimpan sebagian abu dari Raja Kertanegara yaitu salah satu raja dari Kerajaan Singosari.

Untuk lokasi candi ini berada di kaki Gunung Welirang, tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Pasuruan, sekitar 31 kilometer dari kota Pasuruan.

10Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho
(instagram.com/wongcrewchild)

Masjid dengan arsitektur mirip klenteng tak hanya bisa kita temukan di Surabaya dan Semarang. Di Kabupaten Pasuruan juga ada masjid dengan arsitektur serupa. Namanya yaitu Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Lokasi masjid ini terletak di pertigaan Jalan Raya Pasuruan-Malang-Tretes di Kecamatan Pandaan. Sebab arsitekturnya yang unik, masjid ini tidak cuma dikunjungi oleh mereka yang hendak beribadah.

Beberapa orang yang penasaran rela jauh-jauh datang hanya untuk melihat dari dekat bangunan masjid. Masjid ini sendiri mulai dibangun tahun 2003 dan diresmikan tahun 2008.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here