Salatiga merupakan salah satu kota yang berada didaerah Provinsi Jawa Tengah dan tempat ini berada didaerah dataran tinggi dan hanya memiliki 4 kecamatan. Walaupun begitu, tempat ini memiliki tempat wisata yang sangat beragam dan cukup menarik sehingga menjadikannya salah satu kota destinasi wisata di Jawa Tengah yang cukup favorit.

Wisata Salatiga didukung dengan lokasi alam yang berada di dataran tinggi sehingga mempengaruhi objek wisata di kota ini yang kebanyakan berupa pegunungan. Oleh karena itu, kalian yang penasaran dengan objek wisata ditempat ini berikut ini ada daftar yang bisa kalian kunjungi ketika ingin merencanakan liburan didaerah Jawa Tengah.

Destinasi wisata di Salatiga yang paling banyak dikunjungi

Agar tidak panjang lebar terkait destinasi wisata di Salatiga, berikut ini ada beberapa lokasi yang wajib dikunjungi sehingga bisa memudahkan anda menemukan tempat wisata yang paling indah. Berikut ini akan kami ulas secara singkat yang bisa kalian jadikan referensi.

1Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng
(instagram.com/bijemujiatma)

Tempat wisata pertama yang bisa kalian kunjungi adalah Taman Wisata Kopeng. Objek wisata satu ini berada di lereng gunung Merbabu dan mempunyai ketinggian sekitar 150 meter diatas permukaan laut.

Tempat ini sangat pas untuk berwisata bersama keluarga karena ditempat ini kalian bisa menjumpai pasar buah dan sayuran, rumah makan, kolam renang dan penginapan. Tidak sampai disitu saja karena tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang membuat para pengunjungnya nyaman ketika datang ke tempat ini.

Dengan berbagai fasilitas tersebut ditambah dengan suasana khas sejuk pegunungan akan membuat para pengunjung nyaman berada ditempat ini.

Taman wisata kopeng ini menjadikan salah satu tujuan wisata yang cukup menyenangkan sehingga banyak pengunjung yang datang adalah dari rombongan keluarga, cooperate perusahaan hingga komunitas-komunitas yang berkumpul didaerah ini.

2Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland Salatiga
(instagram.com/riska_yeniristanti)

Objek wisata lainnya yang bisa kalian temukan di Salatiga adalah Atlantic Dreamland. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga karena ditempat ini kalian bisa menemukan berbagai macam wahana permainan seperti yang ada di Ancol, tempat wisata di Jakarta.

Beberapa wahana yang bisa kalian temukan ditempat ini adalah water toys, game center, jet coaster, bombom car, waterboom, flying fox, water ball, bioskop 4 dimensi dan wahana asyik lainnya.

Tempat wisata satu ini sangat terkenal sehingga menjadi salah satu destinasi wisata favorit ketika berada di Salatiga. Akses datang ke tempat ini pun bisa dikatakan cukup mudah baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

3Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo
(instagram.com/andre.widianto)

Tempat wisata di Salatiga selanjutnya adalah air terjun umbul songo. Air terjun satu ini sendiri terletak di Kopeng dan lokasinya masih sangat asri hal itu disebabkan karena lokasinya masih jarang dijamah.

Destinasi wisata satu ini terlihat sangat indah karena dikelilingi oleh pepohonan nan hijau dengan dikelilingi udara yang cukup sejuk. Jika kita melihat air terjun ini, kita akan terpesona.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan lokasinya sendiri memiliki ketinggian 1.450 meter diatas permukaan air laut sehingga memiliki hawa yang cukup sejuk ketika berada ditempat ini.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh para pelancong, diantaranya dengan menggunakan kuda sehingga anda akan mendapatkan pengalaman baru menaiki kuda untuk datang ketempat ini.

4Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
(instagram.com/febrianerwin)

Jika anda menyukai destinasi wisata Salatiga yang dekat dengan air, maka destinasi wisata satu ini bisa menjadi solusinya. Umbul sidomukti ini sendiri merupakan kolam renang yang ada di puncak bukit dan jika kalian berenang disini, anda akan merasakan sensasi yang cukup berbeda.

Ditempat ini, anda akan menjumpai pemandangan alam yang cukup hijau. Kolam ini juga akan tampak lebih cantik saat cuacanya cukup cerah. Selain berenang dan ditemani dengan suasana alam yang masih asri, anda juga bisa mencoba permainan flying fox.

Namun yang menjadi daya tarik untuk lokasi wisata satu ini adalah penyusunan kolam renang yang dibuat secara bertingkat dan terdapat 4 buah tingkatan. Dengan kondisi tersebut, anda akan mendapatkan pengalaman mandi di kolam dengan alam terbuka yang tidak akan terlupakan.

5Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening
(instagram.com/marga_ns)

Ditempat ini, anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang sangat mengagumkan. Tempat ini terletak dekat dengan rawa pening sebagai salah satu destinasi yang paling dikenal oleh masyarakat indonesia.

Bukit Cinta ini sendiri merupakan sebuah destinasi yang cukup cantik dan sayang jika tidak dikunjungi. Wisata ini memang seperti namanya, yaitu sebuah bukit yang letaknya berada di tepi Rawa Pening.

Meski bernama bukit Cinta, bukan berarti tempat yang asyik untuk berpacaran. Malahan, ada sebuah mitos yang berkembang disana bahwa ada pasangan yang belum sah datang, maka kisah cintanya akan segera berakhir. Meskipun begitu, tempat ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan.

6Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Jika anda suka mendaki, maka destinasi wisata Salatiga ini bisa menjadi solusinya. Gunung Merbabu ini memang menjadi salah satu gunung yang cukup indah yang ada di Indonesia.

Baca Juga: KEINDAHAN GUNUNG MERBABU, GUNUNG PALING INDAH DI JAWA TENGAH

Pemandangan dari atas gunung ini sangat menakjubkan dan mempesona. Kerlip lampu yang ada dikota Salatiga, Ungaran, Rawa Pening, hingga kota Semarang bisa anda jumpai dipuncak gunung Merbabu.

Walaupun begitu, untuk meraih puncak gunung satu ini dibutuhkan fisik yang prima dan kuat karena medannya yang cukup susah. Gunung ini sendiri tingginya mencapai 3000 meter dan memiliki beberapa jalur pendakian seperti yang ada di tempat wisata Bali. Bagi para pendaki, tentu destinasi satu ini tidak boleh ditinggalkan.

7Rawa Pening

Rawa Pening
(instagram.com/joe_potret)

Adapun tempat wisata terakhir yang paling populer adalah Rawa Pening. Tempat wisata ini sendiri memang sangat erat dengan Ambarawa. Akan tetapi, destinasi satu ini dimasukkan kedalam destinasi wisata yang ada di Salatiga hal itu disebabkan karena lokasinya yang cukup berdekatan.

Untuk menikmati destinasi wisata ini, anda bisa menggunakan perahu untuk mengelilingi rawa. Ditempat ini sendiri terdapat banyak sekali enceng gondok yang banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk membuat cinderamata.

Demikianlah beberapa daftar Wisata Salatiga yang wajib kalian kunjungi. Tempat-tempat tersebut tentu memiliki keunikan-keunikannya sendiri yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda saat ingin pergi berwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here