Salah satu air terjun yang tidak boleh anda lewatkan adalah Grojogan Sewu. Air terjun legendaris ini begitu terkenal bahkan sampai ke wisatawan mancanegara. Sebab pemandangan alamnya sangat khas. Ditambah lagi sejumlah fasilitas di sekitarnya juga sudah semakin memadai.

Grojogan Sewu pun saat ini menjadi salah satu wisata andalan yang dimiliki Karanganyar. Selain indah, tempat wisata alam ini juga begitu strategis. Sebab bisa ditempuh dari berbagai macam kota besar dengan rute yang mudah, mulai dari Solo, Semarang, hingga daerah lainnya.

Selain itu, penambahan fasilitas dan pembangunan sarana pendukungnya juga makin intens. Hal ini bertujuan agar wisatawan semakin tertarik bersambang ke wisata di Tawangmangu ini.

Meskipun sejumlah wisata kekinian sudah semakin marak, pamor Grojogan Sewu seolah tiada matinya. Nah, bagi yang penasaran apa saja hal menarik ketika berlibur di Grojogan Sewu, berikut ini ulasan wisata selengkapnya.

Pesona Alam Grojogan Sewu Tawangmangu
(instagram.com/irmahartono_mc)

Wisata seribu pecak

Dinamakan Grojogan Sewu bukan berarti memiliki seribu air terjun. Melainkan air terjun satu ini memiliki seribu pecak. Pada zaman dulu, pecak merupakan satuan jarak untuk mengukur ketinggian sebuah air terjun. Satu pecak biasanya disamakan dengan satu telapak kaki orang dewasa. Untuk ketinggiannya mencapai 80 meter.

Debit airnya cukup deras, hamparan bebatuan di sekitarnya juga makin menambah daya tarik air terjun. Terdapat dua pintu masuk, yakni jalur atas dan bawah. Anda bisa melewati puluhan anak tangga jika melewati jalur atas. Sedangkan jalur bawah memiliki sebuah jembatan yang terkenal dengan mitosnya.

Pemandangan yang begitu indah

Tak hanya unik dari segi rute dan cerita, Grojogan Sewu juga memiliki pemandangan yang begitu indah. Pemandangan alam khas kaki Gunung Lawu membuat udara di sekitarnya sejuk.

Panorama alam yang begitu hijau juga bisa kita dapati. Anda bisa bermain air sembari menikmati sejuknya pemandangan. Bermain mini rafting dan flying fox juga bisa kita coba untuk melengkapi momen liburan.

Air Terjun Grojogan Sewu
(instagram.com/denykurniawan396)

Fasilitas dan hal menarik lainnya

Anda sudah bisa menjumpai warung makan, tempat parkir, mushola hingga penginapan di sekitar area wisata. Selain itu, area bermain anak dan kolam renang juga tersedia. Untuk keamanan sudah terdapat guide khusus dan pusat informasi.

Jika ingin bermain flying fox, anda bisa membayar tiket sebesar 15 ribu rupiah. Ada juga kegiatan mini rafting dengan biaya 11 ribu rupiah. Berenang dengan pelampung juga cocok dilakukan di air terjun ini untuk memaksimalkan pengalaman anda.

Rute dan tiket masuk

Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 07-17.00 WIB. Untuk masuknya cukup membayar 15 ribu rupiah per orangnya. Jika tertarik bersambang ke air terjun ikonik ini, anda bisa menuju Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Dari pusat kabupaten Karanganyar hanya 21 km melalui Jalan Lawu. Sedangkan dari pusat kota Solo sejauh 42 km melalui Jalan Lawu juga. Anda bisa menempuh rute Solo-Palur-Karanganyar-Terminal Tawangmangu-Grojogan Sewu jika berangkat dari Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here