Pantai Iboih merupakan salah satu destinasi andalan Aceh. Wisata bahari ini menawarkan banyak keseruan selama berlibur. Pantainya begitu cantik dan eksotis. Meskipun berada di ujung barat Indonesia, pamor pantai satu ini tak kalah dengan destinasi lainnya.

Memang diperlukan usaha tersendiri untuk sampai ke kawasan wisata ini. Namun penat selama perjalanan seolah lepas ketika melihat indahnya pemandangan dari pantai berpasir putih. Panorama alam lainnya juga sangat memukau, yakni pemandangan bawah lautnya.

Anda bisa melihat indahnya panorama batuan karang, aneka biota laut, dan berbagai macam hal unik lainnya di perairannya. Tak heran selain terkenal karena pantainya, pecinta snorkeling dan diving juga banyak yang memimpikan datang ke pantai satu ini.

Fasilitas lainnya seperti penginapan, sarana pendukung dan transportasi juga mulai berkembang. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk destinasi wisata Pantai Iboih di Aceh.

Pesona Keindahan Pantai Iboih Aceh (Sabang)
(instagram.com/kahatoursid)

Pantai berpasir putih yang luas

Pantai Iboih memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas. Pasir putihnya begitu bersih sehingga membuat air lautnya terlihat jernih.

Panorama alam ini begitu menawan sehingga banyak yang menyebut pantai cantik ini sebagai surga tersembunyi. Indahnya pemandangan semakin memukau dengan hadirnya sejumlah fasilitas pendukung yang begitu lengkap.

Pantai Iboih berpasir putih yang luas
(instagram.com/petra.travel)

Surganya bawah laut

Pantai Iboih tak hanya indah di daratannya saja. Bawah lautnya memiliki pemandangan yang begitu memukau. Bagi penggemar snorkeling dan diving, anda akan dimanjakan dengan indahnya panorama batuan karang dan aneka biota laut berwarna-warni.

Tak hanya terkenal di kalangan turis lokal, keindahan bawah lautnya juga menarik perhatian banyak turis asing.

Wisata bawah laut pantai Iboih Sabang (Aceh)
(instagram.com/awesomeaceh)

Lokasi dan rute

Lokasi pantai berpasir putih ini di Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh. Dari pusat kota Sabang melalui Jalan Cut Nyak Dien, anda bisa menempuh perjalanan sejauh 22 km.

Anda bisa menuju Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh. Kemudian menyebrang menuju Pelabuhan Balohan di kota Sabang menggunakan feri cepat. Jika menggunakan feri, harga tiketnya 20 ribu rupiah dengan waktu 2 jam.

Sedangkan dengan waktu 45 menit menggunakan speedboat, harga tiketnya sebesar 50 ribu rupiah.

Lokasi dan rute ke pantai Iboih Aceh
(instagram.com/ptadigunajaya)

Fasilitas dan tiket masuk

Di sekitar kawasan wisata, anda sudah bisa mendapati tempat penyewaan snorkeling dan diving. Jadi tidak perlu repot membawa perlengkapan menyelam dari rumah. Rumah makan, penginapan, toilet, hingga sarana ibadah pun sudah tersedia.

Untuk tiket masuknya tidak dipatok khusus. Namun jika ingin menyewa perlengkapan snorkeling, cukup membayar 40 ribu rupiah. Sedangkan menyewa perlengkapan selam biayanya 400 ribu rupiah. Anda bisa datang kapanpun tanpa batasan waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here