Kota Solo atau sering juga disebut Surakarta menjadi salah satu tujuan wisata dari berbagai macam wilayah di Indonesia dan Mancanegara. Tak hanya untuk tempat singgah, Kota Solo juga mempunyai Tempat Wisata yang menarik dan unik yang bisa kamu kunjungi bersama orang-orang tercinta.

Berikut akan kami bahas dan rangkum 8 Rekomendasi Tempat Wisata Solo yang Menarik dan Unik yang bisa kamu simak selengkapnya dibawah ini.

1Pandawa Water World

Pandawa Water World
(instagram.com/destinasinusantara)

Jawa Tengah selain kaya Tempat Wisata alam, sejarah, dan budaya juga mempunyai Tempat Wisata buatan yang modern. Salah satu destinasi wisata kamulan Solo yang cukup menarik yakni Pandawa Water World.

Pandawa Water World Solo ini bertempat di Kompleks Pandawa Solo Baru, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Secara umum Taman Wisata Air terkenal di Solo ini mempunyai konsep yang mirip dengan beberapa Waterpark lainnya.

Setiap harinya Tempat Wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengisi hari libur mereka dengan menikmati berbagai macam permainan air yang seru. Wisata Pandawa Water World termasuk Tempat Wisata baru di Kota Solo, satu-satunya waterpark yang ada di Solo.

Pandawa Water World ini mengusung konsep dari cerita pewayangan jawa yaitu cerita pandawa yang dikolaborasikan dengan desain yang modern dan berkelas Internasional.

2Wisata Keraton Surakarta

Wisata Keraton Surakarta
(instagram.com/explore.solo)

Apabila Kamu berkunjung ke Solo, tidak lengkap rasanya apabila Kamu tidak mampir ke salah satu Tempat Wisata sejarah dan budaya di Kota Surakarta yang begitu keren. Tempat Wisata di Solo ini namanya merupakan Keraton Kasunanan Surakarta atau lebih dikenal dengan Keraton Surakarta.

Keraton Surakarta ini berlokasi di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton ini didirikan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743.

Keraton Solo merupakan suatu kombinasi yang khas antara gaya eropa dan etnik Jawa dalam setiap sudut dan tata ruang Keraton. Berbicara tentang Keraton, tak lepas dari sejarah kerajaan-kerajaan islam yang pernah berjaya di tanah jawa.

3Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka
(instagram.com/cerita.kota)

Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia, merupakan salah satu tempat wisata yang bisa digunakan untuk mengenal lebih dalam mengenai kota Surakarta.

Didalamnya tersimpan berbagai macam koleksi benda-benda kuno yang mempunyai nilai seni dan sejarah yang sangat tinggi seperti arca batu dan perunggu, koleksi keris zaman Hindu Budha, senjata tradisional, wayang kulit, gamelan, keramik dan lain-lain.

Museum Radya Pustaka ini didirikan oleh KRA Sosrodiningrat IV pada tanggal 28 Oktober 1890 dengan nama Paheman Radyapustaka. Tempat Wisata Museum Radya Pustaka beralamat di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275 Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

4Wisata Kampung Batik Kauman

Wisata Kampung Batik Kauman
(instagram.com/ginanjar.triwidodo)

Wisata Kampung Batik Kauman merupakan tempat wisata yang yang berupa sebuah kampung bernama Kauman yang berisi aset-aset warisan yang diakui dunia. Di Kampung Batik Kauman ini terdapat produksi batik cap, batik tulis, dan batik kombinasi (tulis dan cap) khas Solo.

Kampung Wisata Batik Kauman ini berlokasi di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini dijadikan kampung wisata batik di Solo sejak 2006 lalu. Selain itu, kampung ini juga menyediakan berbagai macam tempat yang dapat dikunjungi para wisatawan, meliputi tempat pelatihan batik, showroom batik, rumah batik, penelitian dan pengembangan produk batik, serta museum koleksi batik.

Menurut sejarah Kampung Batik Kauman dulunya yaitu pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan dengan mempertahankan tradisi dengan cara membatik.

5Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang Surakarta
(instagram.com/pariwisatasolo)

Taman Balekambang telah resmi dibuka sejak tahun 2008 silam sebagai hutan kota untuk para warga Surakarta. Belasan pepohonan yang tumbuh di tanah seluas lima hektar lebih ini menjadikan siapa saja yang datang senantiasa merasa sejuk.

Taman Balekambang terletak di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Apabila libur sudah tiba, sudah tidak bisa dipungkiri lagi betapa ramainya Tempat Wisata indah ini. Pemandangan asri serta rindangnya pepohonan hutan kota peninggalan Sri Paduka Mangkunegoro VII itu menjadi daya tarik wisatawan.

Berbagai macam satwa hewan seperti rusa, monyet kecil, dan juga angsa sengaja dipelihara sebagai tempat hiburan bagi para pengunjung khususnya bagi anak-anak. Dengan demikian selain bisa menikmati suasana yang nyaman, kamu juga bisa memberikan pengenalan mengenai beberapa macam hewan yang ada di dunia.

6Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
(instagram.com/arbi_jat4)

Tempat Wisata Air terjun Grojogan Sewu ini terletak di Tawangmangu yang merupakan suatu kawasan sebelah barat lereng gunung Lawu dengan ketingggian 1.305 m, berudara segar banyak terdapat villa dan penginapan.

Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menjadikan tujuan utama untuk para pengunjung untuk berakhir pekan bersama keluarga. Selain itu, Grojogan Sewu disini terdapat banyak kera dan dapat menikmati sate Kelinci. Cukup membayar seharga Rp 18.000 per orang, wisatawan dapat menikmati wahana yang ada di dalamnya tanpa dipungut lagi.

7Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

Taman Satwa Taru Jurug Surakarta
(instagram.com/jurugsolozoo)

Tempat wisata Solo yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Tidak hanya kumpulan binatang, beberapa jenis tumbuhan juga ikut melengkapi koleksi Kebun Binatang Jurug.

Untuk fasilitas, tidak perlu khawatir karena di tempat ini disediakan wahana untuk anak yang tentunya aman. Tak hanya itu, kios makanan, kamar mandi sampai kereta mini ada di kebun binatang Taru Jurug.

Untuk akses menuju tempat ini bisa lewat jalan Ir Sutami no 40 Kentingan Jebres, Surakarta. Tepat di sebelah universitas sebelas maret. Untuk harga tike masuk masuk sebesar Rp. 6.000,- untuk hari biasa, dan Rp. 7.000,- untuk hari libur.

8Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran
(instagram.com/rahmawati.nur.jamilah)

Tidak ada salahnya apabila kita berwisata ke tempat wisata solo yang bernuansa edukasi khususnya mempelajari tentang purbakala. Museum Sangiran menyimpan sekitar 13ribu koleksi fosil, mulai dari fosil manusia hingga fosil binatang.

Walaupun museum ini tentang purbakala, tetapi tempat tersebut didesain dengan konsep modern dan megah. Untuk bisa menuju kesana rute jalurnya yaitu dari kota Solo – Kalijambe – Sangiran. Untuk biaya masuk museum tersebut sebesar Rp. 5.000.-

Demikianlah beberapa ulasan artikel yang bisa kami jabarkan mengenai tempat wisata di Solo yang menarik dan unik yang bisa kamu jadikan referensi sebelum ketempat tujuan wisata tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here