Pontianak merupakan sebuah kota yang sekaligus menjadi ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Dikenal sebagai kota khatulistiwa sebab kota Pontianak dilalui garis khatulistiwa yang membagi wilayah daerahnya menjadi dua garis khayal.

Ibu kota provinsi Kalimantan Barat ini dilalui oleh dua buah sungai besar yaitu sungai Kapuas dan sungai Landak. Selain populer akan kota khatulistiwa, kota ini juga mempunyai tempat wisata Pontianak yang mempunyai potensi bagus.

Dengan adanya tempat-tempat wisata inilah yang membuat kota Pontianak semakin populer dan mulai dilirik oleh wisatawan yang berasal dari manapun. Penasaran? Berikut daftar tempat wisata di Pontianak Kalimantan Barat yang siap kamu kunjungi.

1Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang
(instagram.com/anniketiara)

Sebagai pembukaan kita akan pergi ke tempat wisata Pontianak Pantai Pasir Panjang yang berlokasi di Kecamatan Tujuh belas, tepatnya sekitar 17 km dari Kota Singkawang, Pontianak.

Tempat Wisata Pantai Pasir Panjang menyuguhkan keindahan pasir putih dengan keadaan air laut yang biru menghampar luas di permukaan air disertai dengan deretan pohon-pohon yang nampak kehijauan di sepanjang pantai.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata Pontianak Singkawang ini, kamu akan dikenakan biaya Rp. 10.000,- per orang. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai ini, mulai dari berenang, bermain voli pantai, berselancar, bahkan memancing.

Bagi kamu yang belum berminat bermain di air di pinggir pantai, kamu bisa duduk santai dan menghampar tikar di atas pasir putih sambil memandangi keindahan pantai yang disertai dengan udara segarnya sambil menikmati bekal makanan yang telah kamu bawa dari rumah.

Bagi kamu yang tidak membawa bekal, kamu tak perlu khawatir sebab di sini tersedia fasilitas yang sudah lengkap, seperti restaurant, toko souvenir, dan hotel. Kamu yang ingin berlama-lama menikmati wisata malam Pontianak dengan keindahan pantai Pasir Panjang bisa menginap di hotel yang telah tersedia.

2Aloe Vera Center Lidah Buaya

Aloe Vera Center Lidah Buaya Pontianak
(instagram.com/sukma.hardi)

Di Kota Pontianak ini ternyata menyuguhkan tempat wisata untuk budidaya aloe vera atau biasa kita kenal sehari-hari dengan tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya mempunyai berbagai macam manfaat teruma untuk kesehatan.

Tak hanya populer dengan khasiatnya yang membuat rambut menjadi tumbuh lebat berkilau, tanaman ini ternyata bisa dikonsumsi.

Di Tempat wisata Aloe Vera Center inilah kamu bisa memperoleh informasi sekaligus melihat langsung proses pengolahan makanan dengan bahan dasar lidah buaya yang bisa dijadikan sebagai aneka makanan, seperti dodol, permen, bahkan tepung.

Selain diolah menjadi makanan saja, tanaman lidah buaya ini juga bisa diolah menjadi krim herbal untuk menyehatkan kulit. Tak hanya melihat saja, kamu juga bisa membeli aneka produk dari tanaman aloe vera untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi kerabat atau keluarga tercinta.

Letak tempat wisata baru di Pontianak budidaya aloe vera ini berlokasi di Jalan Budi Utomo, Pontianak Utara. Untuk bisa sampai di sini bisa kamu tempuh dengan naik angkot dari terminal Kapuas, Jurusan Siatan Hilir.

Di Tempat Wisata Aloe Vera Center akan banyak kamu jumpai tanaman lidah buaya dengan ukuran besar-besar. Coba bayangkan, satu pelepah bisa mencapai berat 1 kg lebih.

3Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville
(instagram.com/amazingborneo.id)

Selain Aloe Vera Center yang menjadi tempat budidaya tanaman lidah buaya, kota Pontianak juga mempunyai tempat wisata unik lainnya yang dijadikan sebagai tempat untuk budidaya tanaman kertas. Tempat ini diberi nama Taman Bukit Bougenville.

Tanaman Bougenville atau bunga kertas merupakan tanaman bunga terpopuler di dunia.
Letak dari tempat wisata Taman Bukit Bougenville berada di Desa Sijangkung atau sekitar 6 km dari pusat kota Singkawang.

Oleh sebab letaknya yang berada pada perbukitan dengan latar belakang Gunung Pas, sehingga tak mengherankan apabila wisata Pontianak ini menyuguhkan panorama asri yang dikelilingi hutan dan tentunya menghadirkan udara yang sangat segar.

Ditambah lagi dengan keindahan tanaman Bougenville yang berjajar rapi dengan menyuguhkan berbagai macam warna yang sangat menarik untuk diamati.

4Taman Alun-Alun Kapuas

Alun-Alun Kapuas
(instagram.com/pontinesia)

Sungai Kapuas Juga dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata yang menarik di Pontianak. Tepian sungai Kapuas ini dibangun secantik mungkin oleh pemerintah setempat sehingga menjadi tempat wisata keluarga yang sangat menarik.

Tempat wisata Taman Alun-Alun Kapuas ini berlokasi di depan kantor walikota. Banyak pengunjung yang datang ke taman ini terutama pada saat sore dan malam hari.

Taman dengan luas sekitar 3 hektar yang ditambah dengan replika tugu khatulistiwa di salah satu sudutnya membuat tempat ini menjadi pemandangan yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga kamu.

Di taman alun-alun Kapuas kamu bisa menikmati keindahan pemandangan sungai di sore dan malam hari, dimana akan banyak perahu yang melintasi sungai tersebut sebab sungai ini sejatinya dijadikan sebagai sarana transportasi.

Duduk bersantai bersama keluarga tercinta sambil menikmati aneka wisata kuliner Pontianak yang tersedia di sekitar taman ini merupakan hal yang menyenangkan.

5Sinka Island Park

Sinka Island Park
(instagram.com/djehuda)

Tempat Wisata Sinka Island Park merupakan taman rekreasi terpadu yang terletak di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Menariknya di tempat ini terdapat kebun binatang, pantai dan kolam renang.

Kebun binatang yang tersedia di sini mempunyai koleksi hewan sekitar 200 ekor. Pantai ini tidak cocok untuk berenang sebab kawasan pantai ini mempunyai tepian bebatuan.

Sehingga bagi kamu yang ingin berenang, kamu bisa pergi ke kolam renang yang telah tersedia. Tarif yang dikenakan untuk memasuki kawasan ini sebesar Rp. 20.000,- untuk setiap orangnya.

6Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat
(instagram.com/yanutrinugraha)

Paket tempat wisata Pontianak selanjutnya yang ada di Pontianak merupakan Museum Kalimantan Barat. Tempat wisata bersejarah ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak.

Yang membuat Museum ini unik merupakan sebab mempunyai tiga zona dengan berbagai koleksi peninggalan sejarah, seperti peninggalan artefak dai Kalimantan Barat, benda hasil olahan kerajaan, hingga berbagai koleksi keramik dari China.

Bangunan luar ini dilengkapi dengan taman kecil yang mempunyai jembatan kayu sehingga menambah keindahan taman.

7Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng
(instagram.com/jari_syafii)

Tempat Wisata Rumah Betang Radakng merupakan sebuah bangunan rumah yang merupakan replika rumah adat suku dayak di Kalimantan Barat. Tempat Wisata Rumah Betang Radakng ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Pontianak, bahkan tempat ini wisata ini pernah menyabet rekor muri.

Sungguh merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Pontianak. Rumah adat Kalimantan Timur ini merupakan rumah adat terpanjang yang berukuran panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi sekitar 7 meter.

Rumah adat Betang Radakng terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu teras depan, ruang tidur untuk kepentingan pribadi, dan ruang selaras untuk berkumpulnya keluarga.

Pengunjung yang datang ke sini biasanya ingin melihat langsung keindahan dan keunikan bangunan rumah adat ini serta ada pula yang ingin bersantai bersama keluarga sambil duduk-duduk di bangunan ini.

Itulah tadi ke 7 tempat wisata di Pontianak Kalimantan Barat. Tertarik untuk mencoba tempat-tempat wisata menarik yang ada di sini? Saat kamu telah berada di Kota Pontianak rasanya sayang untuk melewatkan tempat-tempat wisata di atas yang mempunyai keindahan masing-masing. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here