Bogor terkenal sebagai salah satu surganya wisata alam. Terbukti dengan berbagai macam pilihan tempat wisata yang begitu menenangkan. Salah satu yang menarik dikunjungi adalah Gunung Pancar.

Gunung Pancar merupakan sebuah tempat wisata yang berada di kawasan kaki gunung. Panorama hutan pinusnya begitu kuat menarik banyak pengunjung. Dari pemandangan hutan pinus ini, sejumlah keseruan bisa kita dapati. Mulai dari mendapatkan foto dengan latar belakang menarik, refreshing di pemandian air panas, dll.

Banyak hal yang bisa kita lakukan di kawasan satu ini. Karena merupakan wisata andalan, sejumlah fasilitas pun cukup lengkap. Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan, sarana ibadah, spot kuliner, dll.

Wisata Alam Gunung Pancar Bogor Jawa Barat
(instagram.com/gunungpancar)

Trend wisata hutan pinus memang begitu kuat akhir-akhir ini. Maka tak heran pengunjung kawasan Hutan Pancar pun semakin membludak. Namun tidak mengurangi keindahan wisatanya sama sekali. Nah di bawah ini ulasan lebih lanjut untuk destinasi wisata Gunung Pancar.

Pemandangan hutan pinus yang memukau

Gunung Pancar merupakan salah satu ikon wisata Bogor yang begitu menarik. Meskipun bernama gunung, namun pemandangan utamanya adalah hutan pinusnya yang lebat. Pemandangan hutan pinus ini memberikan suasana yang begitu khas.

Anda bisa menyambanginya bersama keluarga. Baik untuk sekedar jalan-jalan, camping, berkuliner, hingga melakukan sesi pre-wedding. Udara sekitar pun sangat sejuk sehingga cocok sebagai tempat melepas penat.

Pemandangan hutan pinus gunung pancar yang memukau
(Pemandangan hutan pinus Gunung Pancar | instagram.com/gunungpancar)

Tempat menarik untuk camping

Gunung Pancar memiliki panorama hutan pinus yang begitu asri. Panorama inilah yang membuatnya cocok sebagai lokasi untuk camping. Anda bisa melakukan camping seperti sungguhan atau mencoba fasilitas glamping.

Glamping merupakan aktivitas camping namun dengan fasilitas mewah. Setelah penat treking di sepanjang hutan, kita bisa merebahkan diri di pemandian air panas.

Camping Ground Gunung Pancar
(Camping Ground Gunung Pancar | instagram.com/gunungpancar)

Tiket masuk dan fasilitas

Tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah pada hari biasa. Sedangkan pada hari weekend sebesar 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk sewa hammock, kita bisa membayar biaya sebesar 20 ribu rupiah per hammock.

Untuk masuk ke pemandian air panas cukup membayar 25 ribu rupiah. Bagi yang ingin melakukan pre-wedding sudah tersedia paket khusus sebesar 750 ribu rupiah. Jam bukanya tidak terbatas. Anda pun bisa datang setiap hari. Penginapan di sekitarnya juga sudah mulai beragam beserta dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi dan rute

Lokasi Gunung Pancar ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Destinasi wisata ini bisa ditempuh sejauh 23 km dari Jalan MH. Tamrin. Dari Jakarta atau pusat kota Bogor, kita bisa melalui Tol Jagorawi sampai Tol Sentul.

Kemudian keluar gerbang tol anda bisa menuju Sentul City. Setelah itu belok kiri menuju Jalan MH. Tamrin dan ikuti papan petunjuk jalan sampai ke Gunung Pancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here