Yogyakarta memang identik dengan daerah tujuan wisata yang banyak sekali, banyak tempat wisata yang ditawarkan oleh kota ini mulai dari wisata seni, wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner dll.

Dari sekian banyak wisata di jogja ini juga beragam variasinya seperti yang memiliki htm sangat mahal sampai yang free htm. Wisatawan juga beragam mulai dari yang berwisata dengan fasilitas mewah sampai yang berwisata hanya membawa ransel atau biasa disebut backpacker. Berikut ini adalah wisata gratis ala backpacker pada saat berada di Jogja.

1Air Terjun Sidoharjo

1. Air terjun sidoharjo

Berlibur ke jogja merupakan hal yang menyenangkan apalagi dengan berlibur ke air terjun sidoharjo. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di jogja dengan ketinggian 75m. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan alami.

Air terjun ini terasa sangat segar yang akan menghilangkan rasa penat atau stress. Untuk menuju ke air terjun tersebut memerlukan waktu 10 menit dari tempat parkir dan melewati perkebunan yang lebat.

2Hutan Pinus Imogiri

2. Hutan Pinus Imogiri

Hutan pinus imogiri ini merupakan salah satu destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Hutan ini seakan membawa kesejukan dan ketenangan. Hutan pinus ini sangat tepat untuk bersantai dan menikmati suasana alam yang hijau.

3Gumuk Pasir

3. Gumuk Pasir

Gumuk pasir ini merupakan salah satu tempat wisata di jogja tepatnya didaerah bantul yang sangat anti mainstream karena tempat wisata ini merupakan hamparan pasir yang sangat luas dan gersang yang hanya ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan saja seperti kaktus.

Namun walaupun tempat ini berupa hamparan pasir yang sangat gersang tetapi tempat ini sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto karena di tempat ini juga memiliki beberapa spot-spot foto yang sangat bagus dan instagramable.

4Bukit Bintang

4. Bukit Bintang jogja

Setelah menikmati berbagai wisata di gunung kidul, dalam perjalanan pulang kalian wajib mengunjungi bukit bintang. Bukit bintang ini sangat indah jika dilihat pada malam hari.

Seperti namanya di bukit ini kita dapat melihat bintang-bintang bertaburan sambal menikmati hidangan warung yang sudah disediakan dipinggiran jalan. Selain itu kalian juga bisa melihat keindahan gemerlap lampu kota jogja yang mengagumkan.

5Candi Sambisari

5. Candi Sambisari

Jogja memang sangat identik dengan bangunan-banguanan candinya mulai dari candi Borobudur, Candi Prambanan, sampai Canti Sambisari ini.

Candi sambisari ini berada di kecamatan kalasan, candi ini bisa dibilang berbeda dengan candi-candi pada umumnya karena letak candi ini berada sekitar 7m dibawah permukaan tanah yang membuat candi ini seperti tidak terlihat jika dilihat dari kejauhan.

6Malioboro

6. Malioboro

Malioboro merupakan nama jalan di pusat kota di Jogjakarta. Jalan malioboro ini sangat dikenal oleh masyarakat atau wisatawan dan menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Jogja.

Karena sangat terkenal ketika kita ingin berfoto dengan penanda jalan malioboro kita harus mengantri untuk bisa mendapatkan kesempatan itu. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata kuliner dan belanja yang sangat banyak.

Jika pada siang hari kalian menelusuri sepanjang jalan malioboro ini kalian akan menjumpai banyak sekali kerajinan-kerajinan tangan yang dijual di sana dan juga dapat mencoba berbagai jenis kuliner dari Jogja.

7Tugu Jogja

7. Tugu jogja

Tugu Jogja ini juga merupakan salah satu ciri khas jogja bahkan menjadi icon utama dari kota jogja sendiri yang sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Tugu Jogja ini berada tidak jauh dari malioboro. Belum afdol rasanya kalau ke Jogja tetapi belum mengunjungi icon utamanya, biasanya para wisatawan berkunjung ke tugu Jogja hanya sekedar ingin mengabadikan foto bersama icon kota tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here