Pesona Alam Bukit Tranggulasih Purwokerto

-

Berbicara mengenai wisata alam, Bukit Tranggulasih mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satu wisata alam yang berlokasi di Purwokerto ini tidak bisa dipandang sebelah mata, tempat ini menyuguhkan pesona alam yang begitu memukau, tidak kalah dengan wisata alam Kolam Renang Melung dan Bukit Agaran.

Bukit Tranggulasih juga terkenal sebagai lokasi Camping favorit di wilayah Purwokerto. Hampir setiap akhir pekan tempat ini selalu ramai muda mudi yang menggelar tenda dan bermalam di Bukit ini. Wisata alam ini juga telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai, mulai dari toilet umum hingga beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Daya tarik utama dari tempat ini memang keindahan alamnya yang begitu memukau. Dari atas bukit tersebut anda bisa menyaksikan hijaunya alam sekitar, bahkan jika cuaca sedang cerah anda bisa melihat laut pesisir Cilacap dan gemerlap lampu kota Purwokerto. Bagaimana, semakin penasaran dengan tempat wisata alam ini?

Sebelum memutuskan untuk pergi, kami sarankan untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu. Pasalnya akses menuju Bukit Tranggulasih kebanyakan jalan yang menanjak dan berkelok. Untuk sampai di lokasi bukit memang harus menggunakan kendaraan pribadi, soalnya tidak ada angkutan umum yang melewati lokawisata tersebut.

Bukit Tranggulasih Purwokerto
Bukit Tranggulasih (foto: instagram.com/spmoko)

Harga Tiket, Lokasi, Rute & Fasilitas Bukit Tranggulasih

Disamping itu, anda juga wajib mengetahui informasi terkait harga tiket masuk dan lokasi tepat dari Bukit Tranggulasih. Nah, terkait hal tersebut, langsung saja anda simak ulasan dibawah ini mengenai harga tiket masuk hingga fasilitas dan daya tarik yang ditawarkan wisata alam ini. Pada ulasan dibawah ini kami juga menyertakan informasi mengenai alamat lengkap dan rute perjalanan yang bisa digunakan.

Harga Tiket Masuk

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Bukit Tranggulasih wajib merogoh kocek 5.000 rupiah sebagai tiket masuk. Selain itu, mereka juga aka dikenai biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk kendaraan roda dua. Sedangkan pengunjung yang membawa mobil, mereka akan dikenai tarif parkir sebesar 10.000 rupiah. Wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam.

Lokasi

Untuk lokasi, tempat ini berada di Kelurahan Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi tersebut hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Jalanan menuju lokasi juga didominasi dengan tanjakan dan belokkan, sehingga kami sarankan anda untuk ekstra hati-hati dalam berkendara dan pastikan kendaraan yang digunakan sedang dalam kondisi prima.

Rute Perjalanan

Bagi anda yang tertarik berkunjung ke Bukit Tranggulasih, anda bisa berangkat dari pusat kota atau alun-alun Purwokerto. Dari situ anda ambil arah barat menuju pertigaan segitiga pasar Karang Lewas. Sesampainya di pertigaan anda belok kanan dan lurus terus ikut jalan tersebut. Setelah kurang lebih 23 km, anda akan menjumpai petigaan, lalu belok kiri.

Kurang lebih 800 meter dari pertigaan tersebut, anda akan menjumpai pertigaan lagi dan terdapat papan petunjuk arah ke kiri menuju Bukit Tranggulasih. Anda belok kiri, jalan tersebut merupakan jalanan menanjak yang cukup tinggi dan panjang, jadi berhati-hatilah. Setelah melewati tanjakan tersebut anda akan menjumpai area parkir kendaraan wisata alam Bukit Tranggulasih.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di objek wisata alam ini kami rasa cukup lengkap, pasalnya pihak pengelola telah menyediakan toilet umum, area parkir, musholla hingga warung-warung kecil yang menjajakan aneka ragam makanan dan minuman. Selain itu, bagi anda yang ingin camping di bukit ini, anda bisa menyewa tenda pada petugas dengan harga 50.000 rupiah per malam. Tenda tersebut berkapasitas 4 sampai 5 orang.

Selain itu, di Bukit Tranggulasih juga tersedia beberapa spot foto menarik yang tidak boleh anda lewatkan. Spot foto tersebut juga memiliki view berupa indahnya alam sekitar. Bagi anda yang mengaku pecinta fotografi, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengaplikasikan hobi tersebut. Bahkan pada saat cuaca sedang bagus, dari atas bukit tersebut anda bisa menyaksikan laut cilacap dan gemerlap lampu kota dari kejauhan.

Camping Ground
Camping Ground (foto: instagram.com/regiekristw)

Wisata Alam Kedungbanteng
(foto: instagram.com/masdain_309)

Itulah beberapa informasi penting mengenai objek wisata alam Bukit Tranggulasih. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang berminat mengunjungi wisata alam di Purwokerto. Tempat ini menawarkan panorama dan suasana alam yang menakjubkan, bagi anda yang ingin melepas penat setelah sibuk beraktivitas, bukit ini bisa menjadi pilihan terbaik. Dijamin, sepulang dari tempat tersebut pikiran anda akan lebih rileks dan siap menjalani aktivitas dengan semangat. Selamat Berlibur!

Share this article

Recent posts

Caping Park: Jembatan Kaca Instagramable di Purwokerto

Caping Park Purwokerto merupakan satu dari sekian banyak objek wisata selfie yang ada di kabupaten Banyumas, khususnya daerah Baturraden. Nah, berbicara mengenai Caping Park,...

Pesona Alam Bukit Tranggulasih Purwokerto

Berbicara mengenai wisata alam, Bukit Tranggulasih mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Salah satu wisata alam yang berlokasi di Purwokerto ini tidak bisa dipandang sebelah...

Wisata Bukit Agaran Desa Melung Purwokerto

Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng tidak hanya menawarkan wisata alam berupa Kolam Renang Melung yang sangat mempesona. Di desa ini ternyata juga terdapat wisata alam...

Geopark Gunung Sewu Yang Mempesona

Gunung Sewu merupakan jajaran pegunungan yang membentang di sepanjang Pantai Selatan Jogja hingga Jawa Timur. Keindahan geopark gunung Sewu ini begitu menarik perhatian para...

Wisata Barusen Hills Ciwidey Bandung

Kota Bandung merupakan kota dengan sejuta keunikan, diantaranya wisata kuliner yang unik, wisata alam yang banyak, dan wisata cagar budaya dari seluruh wilayah di...

Popular categories

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent comments