Seperti yang kita tahu bahwa negara kita tercinta Indonesia ini terkenal dengan sebutan negara kepulauan yang dikelilingi oleh banyak gunung. Begitu banyaknya gunung-gunung yang berdiri tinggi di Indonesia dikarenakan letak Indonesia yang dilalui oleh dua jalur pegunungan utama dunia. Dua jalur tersebut adalah jalur Sirkum Pasifik dan jalur Sirkum Mediterania.

Jalur Sirkum Pasifik merupakan jalur pegunungan yang melewati Pulau Maluku, Sulawesi, sampai ke Papua. Sedangkan jalur Sirkum Mediterania merupakan jalur pegunungan yang melewati Pulau Nusa Tenggara, Jawa, sampai Sumatera. Terdapat gunung-gunung yang ada di Indonesia ini yang memiliki puncak yang paling tinggi diantara puncak gunung lainnya. Puncak gunung tertinggi di Indonesia ini biasanya menjadi objek wisata yang sangat diminati oleh para pendaki yang ada di Indonesia maupun mancanegara.

Gunung sendiri memiliki arti yaitu gundukan tanah yang berukuran sangat besar dan juga tinggi dibanding wilayah di sekitarnya. Gunung memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibanding sebuah bukit. Gunung juga dapat diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi yang menjulang tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Gunung memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Hadirnya gunung mampu menyuburkan tanah yang berada di sekitar pegunungan sehingga tanah tersebut akan sangat bagus untuk ditanami berbagai macam tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Aktifitas erupsi yang sering terjadi lalu mengeluarkan muntahan material yang nantinya material ini bisa digunakan untuk bahan bangunan. Selain itu gunung juga bisa menjadi objek wisata bagi para pendaki. Berikut ini beberapa objek wisata yang berada di pegunungan tertinggi di Indonesia.

1Objek Wisata Di Gunung Semeru

Gunung Semeru Ranu Kumbolo

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Pulau Jawa. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini menjadi salah satu gunung yang sangat diminati oleh para pendaki. Baik pendaki yang berasal dari dari dalam negeri maupun pendaki yang berasal dari luar negeri.

Gunung Semeru terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Panorama yang ada di Gunung Semeru ini sudah tidak diragukan lagi keindahannya, mungkin hal ini juga lah yang membuat para pendaki sangat bersemangat mendaki puncak Gunung Semeru ini. Berikut ini beberapa tempat yang populer, yang ada di Gunung Semeru.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah tempat berupa danau air tawar yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Lokasi Ranu Kumbolo ini berada di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luas area dari Ranu Kumbolo sendiri yaitu sekitar 15 hektar. Bagi yang sudah sering mendaki mungkin sudah hapal dengan tempat indah ini.

Tanjakan Cinta Ranu Kumbolo Semeru

Tanjakan Cinta

Tanjakan cinta merupakan sebuah jalan setapak yang sangat populer di mata para pendaki. Tanjakan ini memiliki kemiringan kurang lebih 45 derajat. Saat melewati tanjakan ini. Anda dihimbau untuk tidak menoleh ke belakang. Jika menoleh, konon Anda akan mengalami putus cinta.

2Objek Wisata Di Gunung Rinjani

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya yang juga tak kalah indahnya adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani ini berlokasi di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Gunung yang sangat populer di kalangan para pendaki ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Dan yang mungkin belum Anda tahu bahwa Gunung Rinjani ini dinobatkan menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Gunung Rinjani ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang begitu asri dan menjadi objek wisata alam yang patut Anda kunjungi. Statusnya sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia ini membuat Gunung Rinjani menjadi salah satu tujuan pendakian bagi para pendaki. Baik pendari yang berasal dari Indonesia maupun dari mancanegara. Gunung ini pun mempunyai berbagai macam pesona alam yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Berikut beberapa pesona alam yang ada di Gunung Rinjani.

Palawangan Sembalun

Tempat yang bisa Anda jumpai saat mendaki Gunung Rinjani salah satunya adalah Palawangan Sembalun. Tempat ini memiliki lokasi yang bisa dibilang cukup luas dan biasanya digunakan sebagai tempat bermalam bagi para pendaki Gunung Rinjani. Permukaan tanah dari Palawangan Sembalun ini cukup landau dan rata. Disini para pendaki bisa beristirahat sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

Gunung Batu Jari

Tempat selanjutnya yang tak kalah indah yaitu Gunung Batu Jari. Tempat yang satu ini juga sering disebut sebagai Gunung Anak Rinjani. Tempat ini terletak di kaldera sebelah timur Gunung Rinjani. Gunung Batu Jari ini terbentuk pada tahun 1944 dengan lebar kawah kurang lebih sekitar 170 meter dengan panjang 200 meter. Sedangkan ketinggian dari gunung ini mencapai 2.296-2.376 mdpl. Jika kondisi sedang normal, para pendaki bisa melihat gunung ini berdiri kokoh di dalam kaldera Gunung Rinjani di sisi Selatan.

3Objek Wisata Di Gunung Kerinci

Gunung Kerinci termasuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan juga menjadi gunung tertinggi di Sumatera. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat. Gunung ini juga terletak sekitar 130 km dari sebelah selatan Padang.

Gunung Kerinci merupakan gunung yang dikelilingi oleh hutan yang lebat yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat dan menjadi habitat binatang harimau Sumatera dan juga badak Sumatera. Puncak Gunung Kerinci sendiri memiliki ketinggian mencapai 3.805 mdpl. Di tempat ini para pendaki bisa melihat pemandangan Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu yang terbentang begitu indah. Dan berikut ini pesona alam yang ada di Kerinci.

Danau Gunung 7

Danau ini terletak di desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, di Kabupaten Kerinci. Danau ini merupakan salah satu kebanggaan bagi masyarakat Kerinci karena merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara dan menjadi danau kedua terbesar setelah danau Toba. Untuk menuju lokasi Danau Gunung 7 ini bisa dikatakan cukup jauh.

Air Terjun Talang Kemulun

Air terjun Talang Kemulun adalah objek wisata yang berada di Taman Nasional Kerinci Seblat yang masih sangat asri. Terletak di dalam hutan yang lebat dan juga jalan yang dipenuhi semak belukar, menjadikan tempat ini belum terlalu populer bagi para wisatawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here