Tak hanya wisata pantai, air terjun, atau wisata kekinian yang ada di Jogja. Lengkapi liburan anda dengan berkunjung ke Desa Wisata Tembi. Desa Wisata Tembi akan mengenalkan anda lebih dekat dengan budaya Jawa.

Budaya Jawa terkenal dengan berbagai macam ciri khas yang begitu menarik. Mulai dari makanan, tarian, musik, kesenian mematung, memahat, membatik, dll. Bagi yang sedang mencari wisata yang mengedukasi dan menyenangkan, Desa Wisata Tembi cocok disambangi.

Desa wisata ini sebenarnya merupakan sebuah kawasan yang dijaga kelestariannya. Penduduk sekitar pun masih memangku adat secara baik. Lokasi desa wisata ini juga tidak begitu jauh dari pusat kota.

Mengenal Kebudayaan Jawa di Desa Wisata Tembi Jogja
(instagram.com/desawisatatembi)

Bagi yang ingin mengenal budaya Jawa lebih dekat dengan cara lebih menyenangkan, liburan ke wisata satu ini adalah pilihan yang tepat. Beragam kegiatan seru juga bisa kita lakukan. Nah, jika penasaran apa saja yang ada di Desa Wisata Tembi ini, berikut ulasannya.

Destinasi Desa Wisata Tembi Jogja

Siapa sangka desa wisata yang terkenal ini dulunya merupakan tempat penitipan anak-anak raja. Dulunya di kawasan ini, para abdi dalem yang menyusui anak-anak dan kerabat raja sering berada di sekitar area ini.

Alam pedesaannya yang begitu indah dan masih terjaga sampai sekarang membuat kawasan bersejarah ini diresmikan sebagai desa wisata di tahun 2007. Kemudian mulailah berbagai pembangunan pendukung wisata untuk memaksimalkan daya tariknya.

Destinasi Desa Wisata Tembi Jogja
(instagram.com/ardyanggi_1709)

Pemandangan yang indah

Bagi yang rindu kedamaian, wisata satu ini begitu cocok anda sambangi. Sejauh mata memandang, hamparan persawahan dan udara yang sejuk bisa kita nikmati di kawasan ini. Aktivitas pedesaan yang masih alami membuat siapapun betah berlama-lama disini.

Kita bisa bermain, berwisata, hingga menghambur dengan warga asli yang begitu ramah. Lokasinya yang tidak jauh dari perkotaan juga menjadi daya tarik tersendiri karena tidak begitu sulit menemukannya.

Fasilitas dan aktivitas di Desa Wisata Tembi

Karena tidak terlalu jauh dari pusat kota, tidak sulit menemukan penginapan di sekitar areanya. Untuk fasilitas di dalam tempat wisata, kita bisa mendapati spot kuliner, toilet, musholla, hingga beberapa akomodasi pendukung lainnya.

Liburan di Desa Tembi akan mengajak kita mengenal budaya Jawa lebih dekat. Sebab disini kita bisa melihat-lihat aneka perabot khas Jawa seperti keris, peralatan dapur, senjata, hingga foto siklus kehidupan masyarakat Jawa. Belajar seni gamelan, membatik, hingga membuat kerajinan tangan juga bisa dilakukan disini.

Fasilitas dan aktivitas di Desa Wisata Tembi
(instagram.com/rosarikafitri)

Rute dan lokasi

Lokasi wisata kebudayaan ini ada di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul-Yogyakarya. Dari pusat koata hanya berjarak 8.5 km. Atau dari Malioboro hanya memerlukan perjalanan selama 15-20 menit.

Dari pusat kota, anda bisa berkendara ke arah selatan menyusuri Jalan Parangtritis. Kemudian arahkan perjalanan sampai melewati gerbang Institut Seni Indonesia. di kanan jalan terdapat plan bertuliskan Tembi. Dan dari plang inilah, kawasan wisata sudah bisa anda jumpai.

Tiket masuk

Jika hanya datang ke kawasan wisata dan tidak melakukan kegiatan apapun, anda tidak dikenai tiket masuk. Tiket masuk hanya berlaku jika anda mengikuti program atau kegiatan yang diselenggarakan.

Jika ingin ikut kelas membatik, membuat kerajinan tangan, hingga mewarnai keramik, tiket masuknya antara 15-40 ribu rupiah. Ada juga program membuat sagon dan tempe dele dengan tiket masuk 20 ribu rupiah. Anda bisa naik dokar keliling desa dengan biaya 400 ribu rupiah selama 3 jam untuk satu rombongan. Ada paket wisata sebesar 280 ribu rupiah jika ingin mencoba beberapa kegiatan dalam satu hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here