Semarang merupakan kota sebagai jantung provinsi Jawa Tengah, Semarang sangat cocok sebagai tujuan liburan semua orang. Tempat-tempat bersejarah, pemandangan alam, dan kuliner khas bisa kamu nikmati di kota lumpia ini.

Nah, apa saja tempat wisata di Semarang yang memikat untuk dikunjungi, berikut kami berikan 10 tempat wisata Semarang dan sekitarnya yang bisa kamu jadikan referensi liburan selanjutnya.

1Pantai Tirang

Pantai Tirang
(instagram.com/sipits)

Pantai Tirang ini dihiasi dengan keindahan kawasan hutan mangrove. Membuat pantai ini semakin asri dan hijau. Terumbu karang juga banyak terdapat di tempat ini. Luasnya mencapai 240,7 hektar. Padang lamun juga bisa dijumpai dengan luas 27,09 hektar. Menjadikan tempat wisata di Semarang ini sangat layak Kamu kunjungi bersama orang tersayang.

Para mancing mania sangat senang mengunjungi destinasi ini. Karena merupakan spot terbaik untuk memanjakan hobi memancing. Ikan kerapu dan ikan kakap menjadi buruan favorit di pantai ini.

Lokasi pantai ini dekat dengan ujung landasan pacu dari Bandar Udara Ahmad Yani. Jaraknya sekitar lima kilometer dari Pantai Marina.

2Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
(instagram.com/mazayagalva)

Umbul Sidomukti ini berupa kolam renang tertinggi di kawasan Semarang. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan cantik alam pegunungan. Kamu bisa menikmati berbagai wahana seru yang sudah tersedia, seperti camping ground, kolam renang alam, adrenalin games, flying fox, dan outbound training.

Selain itu tersedia pula meeting room, pondok lesehan, dan pondok wisata. Kamu akan menemukan empat kolam yang dirancang bertingkat, dan mempunyai kedalaman yang berbeda-beda.

Kolam renang Umbul Sidomukti ini berada di lereng Gunung Ungaran, yang mempunyai ketinggian 1200 mdpl. Air umbulnya segar, jernih dan dingin, pastinya menyenangkan berlama-lama di kolam renang ini. Jadi pilihlah kolam renang dengan kedalaman yang diinginkan, dan nikmati suasana tempat wisata di Semarang ini.

3Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening
(instagram.com/fariddc7)

Rawa Pening mempunyai panorama alam danau yang memang menakjubkan. Pemandangannya begitu asri dan udaranya sangat menyegarkan. Rawa ini dikelilingi pegunungan dan areal persawahan.

Mengelilingi rawa dengan menggunakan perahu menjadi favorit wisatawan. Tak hanya itu, kamu bisa menikmati beragam wahana permainan menyenangkan, seperti perahu karet, becak mini, ATV, dan bebek air.

Kamu bisa menyewa berbagai kendaraan tersebut, yang biasanya dihitung per 15 menit. Semua harga sewa peralatan ini tetap terjangkau bagi semua pengunjung.

4Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi

Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi
(instagram.com/ariefstiawn_)

Semarang menyimpan sepasang air terjun yang begitu menawan. Curug ini berlokasi di kawasan Gunung Ungaran. Sebab terletak di satu kawasan, Kamu bisa mengunjungi kedua air terjun ini sekaligus.

Curug Benowo dan Curug Lawe jaraknya hanya terpisah sekitar satu kilo meter saja. Dengan melalui jalan setapak, kedua destinasi ini bisa kamu nikmati. Kawasan ini masih dihuni oleh hewan langka, seperti lutung dan elang. Jadi kalau Kamu beruntung, bisa saja bertemu dengan kedua hewan tersebut.

Banyak sekali spot indah di tempat wisata ini. Jadi pastikan Kamu sudah siap dengan ponsel atau kamera kesayangan. Supaya liburan di tempat wisata di Semarang ini semakin berkesan.

5Air Terjun Kalipancur

Air Terjun Kalipancur
(instagram.com/ghilmanbaihaqi)

Wisata Air terjun tersebut berlokasi di kawasan Gunung Telomoyo, dekat dengan kawasan Rawa Pening. Terdapat gua kecil yang dijadikan sarang burung walet di sekitar curug.

Selain destinasi ini, di sepanjang punggungan gunung tersebut terdapat pula tebing batu andesit. Ketinggian tebing bervariasi mulai dari 20 meter hingga 100 meter.

Keunikan tebingnya menantang banyak pecinta alam untuk memanjat tebing tersebut. Sebagian besar tebingnya mempunyai kemiringan tajam hingga 90 derajat.

6Brown Canyon

Brown Canyon
(instagram.com/anuakbar_)

Sekilas pemandangan alamnya mirip destinasi wisata alam di luar negeri. Panorama alamnya sangat eksotis, wajar saja bila sangat banyak penggemar fotografi mendatangi tempat ini karena memang sangat banyak spot cantik untuk diabadikan.

Tempat ini menampilkan tebing-tebing tinggi, yang ditumbuhi pepohonan di puncaknya. Kalau mendatangi tempat ini saat jam kerja, maka bisa menyaksikan kesibukan para penambang batu.

Karena memang lokasi tersebut masih difungsikan sebagai kawasan penambangan batu. Jadi lebih disarankan untuk datang ke kawasan tempat wisata di Semarang ini saat sore hari.

7Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong
(instagram.com/adez_purnairawan)

Kisah laksamana Cheng Ho asal Tiongkok sangat terkenal di Indonesia. Salah satu tempat yang menjadi persinggahannya adalah kawasan pesisir Semarang. Karena banyak anak buahnya yang mengalami sakit, maka diputuskan untuk menyandarkan kapalnya di kota yang terkenal dengan lumpianya ini.

Karena beragama Islam, maka Cheng Ho memutuskan untuk membangun masjid, yang saat ini dialihfungsikan menjadi kelenteng dan diberi nama Klenteng Sam Poo Kong. Kala itu, banyak prajuritnya yang menikah dengan orang setempat. Sehingga dianggap sebagai salah satu munculnya etnis Tionghoa di kota ini.

Berfoto-foto dengan mengenakan baju tradisional Tiongkok adalah salah satu aktivitas yang disenangi wisatawan. Persewaan busana khas tersebut tersedia di dalam kawasan Sam Poo Kong. Kamu bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau. Pastinya liburan Kamu di Semarang bisa semakin berkesan.

8BSB Sport Club and Lakers’ Resto

BSB Sport Club and Lakers' Resto
(instagram.com/lakersbsbcity)

Lakers Club BSB Semarang merupakan salah satu tempat wisata kolam renang air asin. Keberadaannya hanya satu di kawasan Semarang. Kamu akan dimanjakan degan keunikan, dan pemandangan alamnya yang eksotis.

Tak hanya itu, terdapat pula resto berkonsep alam terbuka. Suasananya begitu nyaman dan memanjakan setiap wisatawan. Desain tempat ini benar-benar bikin betah siapa saja yang mendatanginya.

Restoran ini menyediakan sejumlah bangku dan meja makan dengan desain unik. Pepohonan nan rindang menjadi latar belakang, dan sekaligus meneduhi tempat ini. Sebagai penerangan disediakan lampu gantung atau lampion. Sehingga menambah suasana tempat ini semakin nyaman dan romantis.

9Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang
(instagram.com/nicolaus_arvian)

Selain berfungsi utama sebagai tempat ibadah umat Muslim, masjid ini juga menjadi tujuan favorit wisatawan yang saat berkunjung ke Semarang. Desain dan arsitekturnya yang membuat setiap orang takjub.

Desainnya mengkombinasikan arsitektur Yunani, Jawa Tengah dan Jawa pada umumnya. Sehingga penampilan masjid ini begitu megah dan unik. Salah satu keunikan dari masjid ini adalah adanya payung besar di bagian depannya. Payung raksasa ini bisa dibuka dan ditutup kembali layaknya payung pada umumnya.

Biasanya momen-momen khusus payung akan dibuka, agar jamaah terlindungi dari hujan atau terik matahari. Jadi, ketikan kamu sedang di Masjid Agung, Kamu tidak hanya bisa menunaikan ibadah sholat saja. Tetapi selepas itu bisa bersantai sejenak dan tidak ketinggalan pula berfoto-foto. Untuk mengenang momen dan keindahan masjid tersebut.

10Lawang Sewu

Lawang Sewu
(instagram.com/reggysatria)

Bangunan lawang sewu ini sangat bersejarah dan popular sebagai tujuan wisata favorit di jantung kota Semarang. Pemerintah Kolonial Belanda telah membangunnya sejak 1904 silam.

Sesuai namanya “Lawang Sewu” berarti seribu pintu, bangunan ini dipenuhi banyak pintu, walaupun sebenarnya jumlahnya tidak mencapai seribu. Zaman dulu bangunan ini pernah dimanfaatkan sebagai kantor pusat bagi Perusahaan Kereta Api. Namun sekarang dilestarikan sebagai bangunan cagar budaya dan tempat wisata.

Karena merupakan bangunan tua, kisah mistis sering terjadi. Salah satunya penampakan arwah Noni Belanda di lantai tiga. Sejumlah acara televisi bahkan pernah mengajak masyarakat untuk melakukan uji nyali di gedung Lawang Sewu ini. Sebagai pembuktian kisah mistis yang terjadi kala malam hari.

Karena keunikannya tempat ini juga sering dijadikan tempat shooting film. Untuk lokasi bangunan tua ini sangat dekat dengan Tugu Muda Semarang. Jadi Kamu bisa sekalian menikmati kedua tempat yang menjadi ikon tempat wisata di Semarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here