Liburan ke Jakarta tak hanya mampir ke mall saja. Meskipun kelihatannya Jakarta hanya punya beberapa tempat wisata saja, tetapi sebenarnya di Jakarta banyak sekali tempat untuk berwisata.

Mulai dari wisata hiburan, wisata alam, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Sebelum kamu memutuskan untuk berlibur ke Jakarta, maka pilihlah secara bijak untuk rute, tempat menginap, dan juga tempat wisata.

Kalau kamu memilih Jakarta Selatan sebagai destinasi liburan kamu, ini dia daftar 7 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Seru untuk Dikunjungi yang bisa kamu simak dibawah ini.

1 Kebun Binatang Ragunan
(instagram.com/siithairwan)

Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata di Jakarta Selatan yang satu ini ternyata merupakan kebun binatang pertama di Indonesia! Kebun Binatang Ragunan dibangun pada tahun 1864. Wisata Kebun binatang yang menempati lahan dengan luas 140 hektar ini mempunyai koleksi berbagai satwa hingga lebih dari 3000 ekor. Dan sekitar 90% dari koleksi berbagai macam satwa di Kebun Binatang Ragunan ini merupakan hewan-hewan asli dari negeri kita sendiri.

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama dan terbesar di Indonesia, maka disini terdapat Schmutzer Primate Center yaitu pusat pelestarian primata yang juga merupakan pusat pelestarian primata terbesar di dunia.

Wah ternyata Kebun Binatang Ragunan keren juga ya? di Kebun Binatang Ragunan banyak tumbuh pohon-pohon besar yang rindang di kompleks kebun binatang, maka kamu tidak akan kepanasan saat mengelilingi kebun binatang yang luas ini.

Kalau ada teman-teman kamu yang bilang Kebun Binatang Ragunan itu kotor dan tidak ada yang bisa dilihat maka pendapat teman-teman kamu salah besar. Di Kebun Binatang Ragunan juga sudah dijalankan sistem audit sehingga satwa-satwa berharga yang ada disana terawat dengan baik sehingga bisa menghibur para pengunjung.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam fasilitas yang bisa kamu nikmati antara lain Taman Perahu, Rakit Wisata, Taman Satwa Anak, dan Pusat Informasi.

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di daerah Ragunan, Pasar Minggu, atau lebih lengkapnya berada di Jl. R.M. Harsono No 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Tempat Wisata Kebun Binatang Ragunan cocok sebagai wisata keluarga.

2 Taman Anggrek Ragunan
(instagram.com/santi_orchid)

Taman Anggrek Ragunan

Ternyata di Ragunan tak hanya ada kebun binatang saja, tapi juga ada taman anggrek. Taman Anggrek Ragunan terletak tidak jauh dari Kebun Binatang Ragunan. Di tempat ini kamu akan melihat beberapa jenis tanaman bunga anggrek yang memang sengaja dibudidayakan.

Tentu saja wisata ini sangat menarik sebab kamu akan disuguhi pemandangan bunga anggrek yang cantik dengan aneka warna. Selain itu kamu juga bisa menambah wawasan kamu seputar bunga anggrek.

Tempat Wisata Taman anggrek sudah beroperasi sejak tahun 1973, sekarang terdapat sekitar 5000 jenis anggrek disini, dan kamu bisa beli bunga anggreknya juga.

3 Taman Langsat
(instagram.com/rahneputri)

Taman Langsat

Tempat wisata di Jakarta Selatan selanjutnya yaitu Taman Langsat. Mungkin nama taman ini masih asing di telinga kamu, tapi dijamin tidak menyesal apabila berkunjung ke tempat wisata di Jakarta Selatan yang murah satu ini.

Taman Langsat ini sangat bersih dan bisa dijadikan sebagai tempat piknik saking bersih dan nyamannya. Taman Langsat berlokasi di seputar Jalan Ahmad Dahlan, di belakang Rumah Sakit Pusat Pertamina. Kamu tidak akan menemukan sampah disini sebab memang kebersihan di Taman Langsat sangat oke.

Fasilitas permainan seperti ayunan atau perosotan juga ada dan beragam. Ada juga jogging track dan area refleksi kaki. Nongkrong di Taman Langsat semakin betah sebab disediakan Wi-Fi gratis.

4 Wisata Setu Babakan
(instagram.com/prasdanzkaren)

Wisata Setu Babakan

Setu Babakan merupakan sebuah danau di sebuah area dengan luas 30 hektar yang terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Air dari Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung tetapi airnya bersih. Di Setu Babakan kamu bisa juga mengunjungi pusat perkampungan budaya Betawi.

Setu Babakan merupakan tempat untuk melestarikan budaya Betawi. Di tempat wisata satu babakan menikmati kuliner khas Betawi seperti kerak telor, bir pletok, soto betawi, atau es duren. Pertunjukan seperti Mawaris, Tanjidor, Lenong, Tari Topeng, dan Gambang Kromong juga bisa kamu saksikan disini.

5 Museum Layang-Layang
(instagram.com/dapurubun)

Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang sangat cocok untuk kamu yang merupakan penggemar layang-layang. Kunjungilah Museum Layang-Layang yang berada di Jalan H. Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Museum Layang-Layang mempunyai koleksi layang-layang lebih dari 600 jenis. Koleksi layang-layang ini berasal dari berbagai negara seperti Vietnam, Tiongkok, Jepang, bahkan ada layang-layang yang berasal dari Belanda juga. Ada layang-layang unik yang berupa miniatur yang berukuran 2cm dan ada juga layang-layang raksasa dengan ukuran 9x26cm bernama Megaray.

Di Tempat ini kamu bisa membuat layang-layang, melukis layang-layang, bahkan melukis kaos atau wayang juga. Tentunya ini merupakan tempat wisata yang bisa menambah pengetahuan kamu.

Kamu bisa menikmati indahnya momen nostalgia bermain layang-layang sewaktu kecil di Museum Layang-Layang yang buka pada pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore setiap harinya kecuali hari libur.

6 Pasar Santa
(www.liputan6.com)

Pasar Santa

Pasar Santa merupakan salah satu bukti dari pemerintah yang sudah mendukung kemajuan industri makanan menjadi lebih berkembang lagi. Di Pasar Santa ada makanan dan minuman yang aneh-aneh tetapi enak seperti black hotdog ataupun es krim salju.

Cuaca di Pasar Santa cukup sejuk walaupun tanpa AC, sebab atap disini tinggi. Makan dan minuman yang dijual bervariasi, mulai dari makanan mewah ala hotel, makanan dan minuman dari berbagai negara, dan tentunya makanan dan minuman Indonesia yang tak boleh dilewatkan.

Sebaiknya kunjungi Pasar Santa saat siang hari, sebab biasanya sejak sore hari sudah mulai ramai dengan para anak muda yang mau nongkrong. Lebih ramai lagi saat malam hari. Makanan dan minuman disini relatif murah. Kamu bisa menikmati hotdog dan kopi aceh dengan hanya mengeluarkan 50 ribu rupiah saja. Murah kan?

7 Kemang Food Festival
(jakarta.panduanwisata.id)

Kemang Food Festival

Kemang memang popular dengan hiburan malam dan mewahnya. Tak hanya itu, Kemang juga terkenal akan macetnya yang luar biasa di Jakarta. Tetapi saat malam hari, Kemang berubah menjadi tempat nongkrong cantik yang asyik untuk para anak muda.

Ada banyak sekali hiburan di kawasan Kemang, salah satunya merupakan Kemang Food Festival. Ini merupakan salah satu wisata Jakarta Selatan untuk kuliner yang siap mengenyangkan perut kamu.

Konsep dari Kemang Food Festival merupakan food court, tetapi food court di Kemang Food Festival ini lebih asri sebab seperti teras rumah. Di tempat ini kami bisa menikmati berbagai macam makanan dan minuman yang nikmat dengan beratapkan langit malam Jakarta, live music, dan gemericik air mancur.

Untuk makanan dan minuman yang dijual di Kemang Food Festival ini cukup lengkap, ada lokal dan juga internasional. Ketika akhir pekan, Kemang Food Festival yang berlokai di Jalan Kemang Raya No 19, Bangka, Kemang Prapatan, Jakarta Selatan ini selalu padat oleh pengujung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here