Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan kerap menjadi salah satu tempat wisata warga Jakarta. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota membuat kota ini cukup nyaman dikunjungi, khususnya di akhir pekan.

Selain itu, kemudahan moda transportasi untuk menjangkaunya, Bogor juga menawarkan sejumlah tempat wisata keluarga yang cukup menarik. Malah tidak jarang kota yang satu ini dijadikan tempat bagi mereka yang ingin mencari suasana romantis.

Nah berikut ini kami sajikan informasi 10 tempat wisata keluarga di kota Bogor Yang menarik untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

1Rumah Pohon Curug Cipamingkis

Rumah Pohon Curug Cipamingkis
(instagram.com/aigasept)

Menyusuri alam begitu menyenangkan, terlebih apabila dilakukan bersama keluarga tersayang. Di Rumah Pohon Curug Cipamingkis, kamu bisa menikmati hamparan luas perbukitan dari jembatan yang terhubung ke rumah pohon tersebut. Tak hanya itu, ada juga dek kapal kecil yang berlokasi di tepi sungai, yang juga menjadi tempat yang amat untuk berfoto.

2Ah Poong Floating Market

Ah Poong Floating Market
(instagram.com/eat_travel_havefun)

Restoran dengan konsep terapung belakangan ini sedang booming. Nah di Bogor, Ah Poong menjadi salah satu Tempat Wisata kuliner yang popular dan bagus. Di ini ada berbagai macam sajian kuliner yang bisa menggoyang lidah para pengunjung yang datang.

Di malam hari tempat Ah Poong Floating Market ini begitu sangat romantis dengan taburan cahaya dari lampu-lampu yang terpantul dari air danau. Selain itu ada juga perahu-perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi danau.

3Little Venice Puncak

Little Venice Puncak
(instagram.com/littlevenice_puncak)

Tak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mengajak keluarga berlibur. Cukup kunjungi daerah Puncak. Di daerah ini terdapat sebuah tempati wisata yang amat unik, yaitu Little Venice.

Di Little Venice ini, kamu akan merasa seperti sedang berada di Kota Venice, Italia, dengan perahu gondola sebagai ikonnya. Sehingga dapat mengelilingi miniatur kota terindah apalagi ditambah pasangan atau keluarga, Sehingga membuat liburan menjadi lebih berkesan.

4Wisata Kampung Budaya Sindang Barang

Wisata Kampung Budaya Sindang Barang
(instagram.com/kampungbudayasindangbarang)

Kampung Budaya Sindang Barang merupakan salah satu tempat wisata kampung tertua di Bogor. Tempat Wisata Kampung Budaya Sindang Barang ini ada banyak cerita dan pengalaman seru yang tak bisa kamu dapatkan di tempat wisata biasa.

Di sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat asli yang telah melestarikan kampung ini secara turun-temurun. Tak hanya itu, ada berbagai macam upacara atau kegiatan adat menarik yang sayang untuk dilewatkan.

5Momo Milk Barn

Momo Milk Barn
(instagram.com/tono.mutter36)

Momo Milk Barn merupakan sebuah kafe yang menjadi tempat favorit pasangan muda Kota Bogor. Untuk lokasinya yang dekat dengan Taman Kencana semakin membuat tempat ini kian ramai, terlebih saat akhir pekan.

Kafe bernuansa kekinian ini mempunyai sajian utama yaitu susu segar aneka rasa yang disajikan dalam gelas-gelas berbentuk unik. Makanan yang disajikan di sini juga berbagai macam, mulai dari menu lokal, makanan ala barat, hingga menu khas China.

Walaupun dekat dengan Jakarta, tidak ada salahnya kamu menghabiskan satu atau dua malam bersama keluarga di Bogor. Soal penginapan tidak usah kuatir, di sini kamu bisa mencari hotel murah di Bogor untuk tempat bermalam dan beristirahat.

6Taman Bermain Lapangan Sempur

Taman Bermain Lapangan Sempur
(instagram.com/abdillahfikr)

Di lokasi ini terdapat Taman Ekspresi yang sangat asik, yang tiap bulannya rutin memutarkan film-film karya dari para sineas Bogor dan kota kota lain di Indonesia, seru dan kreatif kan?

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa area lagi seperti tempat bermain untuk anak-anak, area panjat tebing dan tentunya arena skatepark untuk para skateboarder muda. Di salah satu sisi Lapangan Sempur juga dijadikan tempat wisata kuliner, aneka camilan, jajanan serta kuliner bakso dan teman-temannya juga tersedia disini.

Dan yang membuat tempat ini menarik adalah sejarah awalnya yang merupakan gelanggang olahraga warga Bogor namun seiring perkembangannya disulap menjadi area wisata keluarga yang seru.

7Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
(instagram.com/lianarahmalia)

Di dalam Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini tersimpan beragam cerita, mulai dari asal-usul berbagai rekayasa genetik hasil alam di Indonesia, perkembangan hortikultura di Indonesia hingga yang tak kalah menarik adalah perjalanan-perjalanan hasil alam Indonesia seperti kopi dan lainnya.

Untuk berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia bisa datang mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada hari kerja, sedangkan untuk akhir pekan, museum ini buka mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Cukup dengan membayar tiket masuk Rp. 5.000 per orang, kita sudah bisa menikmati sejarah dan pengetahuan di museum yang mempunyai 2 lantai ini, yang tak kalah seru adalah sejarah terbentuknya museum ini, yang konon dulunya merupakan pusat penelitian tentang Herbarium Bogoriense serta museum Etnobotani, namun karena koleksi yang terus bertambah maka lokasi ini dirubah dan berganti nama menjadi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia.

8Taman Ade Irma Suryani/Kapten Muslihat

Taman Ade Irma Suryani
(instagram.com/marline_ghazali)

Taman yang berlokasi persis di sisi stasiun Bogor ini merupakan taman hiburan rakyat yang menyuguhkan sedikitnya 20 wahana yang bisa kita coba, seperti wahana yang terbaru yaitu Virtual Reality.

Area yang juga dikenal dengan nama Plaza Kapten Muslihat atau Taman Topi ini sudah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu. Selain lokasi yang strategis, tiket masuk ke tempat ini juga terjangkau, cukup dengan membayar Rp. 10.000 pada hari biasa dan Rp. 12.000 pada hari libur.

Apabila ingin mencoba wahana seperti bom-bom car, kiddy ride, perahu air maupun kuda poni, pengunjung harus membei tiket lagi dengan harga Rp. 6.000 sampai Rp. 15.000. Untuk jam operasional tempat ini mulai jam 09.00-12.00 pada hari kerja dan 08.00-18.00 pada akhir pekan.

9Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
(instagram.com/jokosan)

Tempat wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan, karena memang sangat terkenal dan tentu menyuguhkan pemandangan yang indah.

Di Kebun Raya Bogor, kita bisa mengunjungi Rumah Masa Depan, disini kita bisa melihat siklus air di dalamnya secara langsung, lalu teknologi-teknologi memanfaatkan alam terbaru yang ada di dunia. Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, kita diharuskan membayar 15.000 per orang, jam buka mulai dari 08.00-17.00 WIB.

10Istana Bogor

Istana Bogor
(instagram.com/anindyakputri)

Satu lagi tempati yang tak jauh dari Stasiun Bogor yaitu Istana Kepresidenan, kapan lagi kan bisa merasakan masuk ke kawasan istana ini? Pada akhir pekan para wisatawan juga bisa merasakan sensasi memberi makan rusa-rusa yang ada di Istana Bogor.

Perlu diingat memberi makannya dari luar pagar ya, untuk kegiatan ini cukup murah meriah hanya dengan membeli wortel yang dijajakan pedagang disekitar istana dengan harga mulai Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here