Perlu Anda ketahui bahwa Cimahi merupakan nama dari sebuah kota yang secara administratif masih menjadi bagian dari Propinsi Jawa Barat. Secara geografis Kota Cimahi lokasi persisnya terletak di bagian tengah dari Kabupaten Bandung.

Sebelum ini Cimahi memang masih menjadi bagian dari Kabupaten Bandung yang kemudian Cimahi ditetapkan menjadi kota otonom pada tahun 2001. Nama Kota Cimahi sendiri berasal dari bahasa Sunda yakni Cai Mahi yang mana memiliki arti air yang cukup.

Kota Cimahi selama ini memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang populer di kalangan wisatawan karena kota yang satu ini memang menyimpan potensi wisata yang besar di mana Anda akan bisa menemukan banyak objek wisata yang sangat beragam di kota tersebut.

Wisata Budaya Kampung Adat Cireundeu Cimahi Jawa Barat
(instagram.com/arielguslandi1)

Dari banyaknya objek wisata yang ada di Kota Cimahi, Kampung Cireundeu menjadi salah satu objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang memang menyukai wisata budaya. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas wisata Kampung Cireundeu.

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Kampung Cireundeu

Sebelum berwisata ke Kampung Cireundeu, tentu saja Anda harus mengetahui lokasi persisnya terlebih dahulu yaitu berada di Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Propinsi Jawa Barat yang lokasinya tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Cimahi.

Para wisatawan yang akan berkunjung ke Kampung Cireundeu juga tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju ke lokasi tergolong mudah karena kondisi jalan yang memadai dan bisa dilalui oleh kendaraan.

Kampung Adat Cireundeu
(instagram.com/fan_fin)

Daya Tarik Kampung Cireundeu

Kampung Cireundeu merupakan sebuah objek wisata yang mengusung konsep wisata budaya di mana para wisatawan akan menemukan sebuah kampung atau desa dengan penduduknya yang masih mempraktekkan budaya tradisional masyarakat Sunda.

Tidak hanya itu saja, Kampung Cireundeu juga memiliki alam yang masih terjaga kelestariannya di mana Anda akan bisa menemukan kawasan hutan yang lokasinya berada di sekitar Kampung Cireundeu.

Aktivitas Menarik di Kampung Cireundeu

Para wisatawan yang sedang menikmati masa liburannya di Kampung Cireundeu akan bisa melakukan berbagai macam aktivitas atau kegiatan seru yang menarik, salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan tentu saja berfoto untuk mengabadikan momen liburan di beberapa spot foto yang menarik.

Para wisatawan juga bisa berinteraksi langsung dengan para penduduk Kampung Cireundeu yang ramah, selain itu Anda juga akan bisa menyaksikan beberapa pementasan kesenian tradisional Sunda.

Prosesi Upacara Adat Kampung Cireundeu
(instagram.com/rudy.leung)

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Kampung Cireundeu

Untuk masuk ke kawasan Kampung Cireundeu, para wisatawan tidak akan dikenakan biaya retribusi apapun alias gratis, selain itu kampung ini juga dibuka untuk para wisatawan selama 24 jam sehingga Anda akan lebih leluasa untuk mengunjunginya.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Cimahi, tentu saja Kampung Cireundeu telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung yang tergolong lengkap dan memadai demi kenyamanan para wisatawan.

Bagi Anda yang ingin mengenal budaya tradisional Sunda di Jawa Barat, maka Anda bisa mengunjungi Kampung Cireundeu yang ada di Cimahi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here