Liburan ke Yogyakarta belum lengkap tanpa berkunjung ke air terjunnya. Banyak referensi wisata air terjun di Kota Gudeg ini. salah satunya Air Terjun Sri Gethuk. Destinasi wisata yang memiliki pemandangan indah ini merupakan salah satu andalan wisata di daerah Gunungkidul.

Meskipun terkenal sebagai daerah yang kering, nyatanya terdapat air terjun memukau di balik bebatuan karst. Banyak keseruan yang bisa anda dapati ketika liburan ke air terjun cantik ini.

Mulai dari petualangan treking menuju air terjun, naik sampan menyusuri aliran sungainya, hingga mendapatkan banyak kenangan melalui foto-foto yang dengan latar belakang menarik.

Pemandangan air terjun setinggi 25 meter ini begitu khas dan berbeda dari kebanyakan wisata serupa. Batuan karst, sungai, rimbunan pepohonan, hingga fasilitas pendukungnya berpadu sempurna. Berikut ulasan lebih lanjut untuk wisata air terjun Sri Gethuk Gujungkidul, Yogyakarta.

Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
(instagram.com/celvinaditiya_)

Pemandangan yang indah

Air terjun setinggi 25 meter ini memiliki pemandangan yang begitu khas. Aliran airnya ada di tepi Sungai Oyo. Hal ini membuat pengunjung mesti menggunakan rakit dulu jika ingin menikmati pemandangannya lebih dekat.

Pemandangan tebing kapur di kanan dan kiri, rimbunnya pepohonan, dan air yang jernih kehijauan merupakan pemandangan yang jarang dijumpai di air terjun lainnya.

Memiliki tiga sumber mata air

Terdapat tiga sumber mata air di sekitar areanya. Yakni mata air Dong Poh, Ngumbul dan Ngandong. Ketiga mata air ini berkumpul membentuk air terjun setinggi 25 meter. Uniknya lagi aliran airnya yang jatuh tidak membentuk kolam seperti air terjun biasanya.

Melainkan merayapi batuan kapur di tepian sungainya. Selain pemandangan air terjunnya, wisatawan pun bisa menikmati pemandangan dari kejauhan menggunakan jembatan bambu.

Air Terjun Sri Gethuk Gujungkidul Yogyakarta
(instagram.com/roy_susanto219)

Fasilitas dan tiket masuk

Ketika liburan ke kawasan ini, anda sudah bisa mendapati sejumlah fasilitas yang lengkap. Mulai dari area parkir, toilet umum dan tempat penitipan barang, penyewaan pelampung, penyewaan rakit, hingga musholla.

Jika ingin melepas rasa lapar dan dahaga sudah tersedia warung di sekitarnya. Cukup membayar 10 ribu rupiah anda sudah bisa masuk ke kawasan satu ini. Disini kita bisa bermain air menggunakan pelampung, menyewa rakit, berfoto, hingga bersantai menikmati kuliner di tepian sungai.

Lokasi dan jam buka

Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Datanglah pada pagi hari agar anda lebih puas liburan di air terjun cantik ini. Lokasinya berada di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Anda bisa mulai dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Wonosari. Kemudian sampai ke Piyungan lanjut ke Patuk sampai Lapangan Gading. Dari pertigaan anda ambil ke kanan menuju Playen hingga Perempatan Pasar Playen. Anda bisa bertanya atau mengikuti papan petunjuk untuk sampai ke air terjun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here