Cara Menjaga Lingkungan untuk Kelestarian Alam

Cara menjaga lingkungan agar tetap bersih memang wajib untuk dilakukan oleh siapapun. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena lingkungan yang bersih dimana bebas dari polusi udara, air serta suasana yang sejuk akan memberikan banyak manfaat bagi para penduduk bumi. Ini juga akan membuat anda lebih nyaman dan tenang dalam menjalani kehidupan.

Bukan hanya memberikan manfaat untuk orang saja, ternyata menjaga lingkungan yang baik juga akan memberikan manfaat besar terhadap makhluk hidup lainnya. Dengan cara inilah maka akan membuat anda juga bisa terhindar dari adanya berbagai macam penyakit berbahaya.

Perlu diketahui apabila terdapat sejumlah penyakit yang muncul karena lingkungan kotor seperti diare, malaria, demam berdarah bahkan penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Untuk  anda yang ingin memulai buat menjaga lingkungan, maka bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Hindari membuang sampah sembarangan 

Ini merupakan cara menjaga lingkungan paling sederhana yang bisa anda lakukan. Ketika anda membuang sampah sembarangan maka akan mengotori lingkungan bahkan bisa berdampak pada ekosistem yang ada di sekitarnya. Selain itu, sampah tercecer yang sulit terurai akan ke lautan dan membahayakan makhluk laut.

Itulah pentingnya untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Cobalah sediakan tempat sampah untuk membuang sampah-sampah rumah tangga. Selain itu, anda juga bisa membiasakan kebiasaan ini kepada anak anda agar tidak membuang sampah secara sembarangan.

  1. Cobalah melakukan daur ulang barang-barang bekas 

Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai biasanya akan menumpuk begitu saja dalam waktu lama. Apabila dibiarkan begitu saja, maka akan merusak ekosistem lingkungan bukan? daripada membiarkannya begitu saja, maka ada baiknya untuk melakukan daur ulang barang-barang tersebut.

Adapun beberapa sampah atau bahan bekas yang bisa didaur ulang seperti botol minuman dan kardus. Cobalah untuk mendaur ulang bahan-bahan tersebut menjadi hasan ataupun kerajinan tangan. Nantinya hasil daur ulang bisa digunakan secara pribadi ataupun dijual kembali.

  1. Matikan lampu ketika tidak digunakan 

Lampu memang menjadi penerangan yang sangat penting didalam sebuah rumah, tetapi apabila tidak sedang anda gunakan sebaiknya dimatikan saja. Cobalah untuk menjadi seseorang yang bisa hemat energy.

Matikan lampu ketika siang hari ataupun anda sedang tidak ada di rumah. Secara tidak langsung, cara inipun ternyata bisa menghindari adanya pemanasan global.

  1. Bersihkan lingkungan secara rutin 

Adapun cara menjaga lingkungan lainnya adalah dengan membersihkan  lingkungan secara rutin. Cara ini ternyata sangat penting karena akan memberikan dampak positif dimana  bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Adapun lingkungan sendiri mencakup banyak aspek seperti lingkungan rumah, lingkungan sekolah hingga lingkungan alam. Semuanya memang harus dijaga dengan baik. Agar semakin ringan untuk dikerjakan, cobalah untuk membersihkan lingkungan secara kerja bakti.

  1. Jangan merusak tanaman 

Merusak tanaman ternyata menjadi salah satu faktor adanya kerusakan lingkungan. Terlebih lagi jika tanaman tersebut tidak menganggu aktifitas sehari-hari dan justru bisa memberikan banyak manfaat.

Itulah sebabnya, dibandingkan merusaknya, ada baiknya buat selalu menjaga lingkungan tersebut. perlu diketahui apabila keberadaan tanaman tersebut ternyata  sangat baik sebagai penyerapan karbondioksida dan mampu mengeluarkan oksigen yang cukup bagi manusia.

  1. Hindari penebangan pohon secara liar 

Penebangan liar ternyata akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Terlebih lagi  jika penebangan tersebut dilakukan secara membabi buta maka dapat menyebabkan hutan atau area menjadi gundul. Akibatnya akan menyebabkan masalah lainnya seperti bisa meningkatkan risiko tanah longsor hingga banjir bandang.

Itulah sebaiknya diadakan sistem tebang pilih dan selalu melakukan penanaman hutan kembali untuk mengganti pohon yang sudah ditebang tersebut. menanam hutan yang gundul juga bisa menjadi  salah satu cara buat melestarikan alam secara alami.

  1. Kurangi proses pembelian barang secara online 

Berbelanja secara online atau daring ternyata juga akan menambah jumlah sampah. Sebab, barang-barang yang akan dikirim ke alamat anda banyak yang dibungkus menggunakan plastic. Seperti yang sudah anda ketahui, plastic menjadi salah satu limbah yang paling sulit terurai bahkan membutuhkan waktu selama puluhan tahun.

Itulah mengapa sebaiknya mengurangi kebiasaan pembelian barang secara online apabila barang tersebut bisa dibeli di toko terdekat. Jangan lupa juga buat membawa tote bag ketika berbelanja secara langsung. Ini bisa sebagai cara menjaga lingkungan agar tetap terjaga dengan baik.

  1. Penggunaan air secara secukupnya 

Langkah berikutnya yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan air secukupnya. Semakin sedikit air yang anda gunakan, jelas akan semakin sedikit pula limpasan dan limbah yang akhirnya berakhir di lautan.

Dengan menggunakan air secara secukupnya, maka akan menjaga cadangan air bersih  di dalam tanah agar tetap  bisa anda gunakan di masa depan.

  1. Cabut kabel elektronik 

Kabel charger HP, kabel pengering rambut, kabel televisi ataupun alat elektronik lainnya yang masih tertancap di stop-kontak ternyata bisa mengkonsumsi banyak energi listrik. Itulah sebabnya, jika anda sudah selesai dalam menggunakannya, sebaiknya cabut kabel-kabel tersebut.

Selain tidak menggunakan energy listrik secara berlebihan, cara inipun ternyata akan bermanfaat untuk menghemat tagihan listrik yang anda miliki tersebut. jelas ini akan berdampak pada keuangan anda yang semakin hemat.

  1. Olah kotoran ternak menjadi pupuk kompos 

Tidak bisa dipungkiri jika sebagian besar masyarakat Indonesia memang menyukai kegiatan beternak. Hanya saja, kegiatan ini memang seringkali memberikan banyak masalah. Salah satunya adalah kotoran dari hewan yang tercecer begitu saja. Bahkan baunya terkadang juga bisa menganggu seseorang.

Perlu diketahui apabila kotoran hewan yang dibuang di sungai ternyata juga akan memberikan banyak dampak terhadap ekosistem yang ada dalam sungai tersebut, selain itu kotoran sapi mengeluarkan zat dimana apabila dihirup akan membahayakan manusia. Tidak ingin bukan kotoran ternak menjadi masalah lingkungan? Cobalah untuk mengolah kotoran tersebut menjadi pupuk kompos yang berguna.

  1. Melakukan penanaman terumbu karang di laut 

Selain cara menjaga lingkungan di atas, masih ada cara lainnya yang bisa anda gunakan yakni melakukan penanaman terumbu karang di laut. Langkah ini ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga ekosistem di dalam laut agar tetap bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, penanaman hutan bakau di sekitar pinggir pantai juga sangat berguna untuk memperbaiki keseimbangan laut adapun keberadaan hutan bakau inipun seperti mencegah abrasi, mencegah erosi, mencegah adanya intrusi air laut, hingga digunakan sebagai tempat hidup satwa  seperti ular, monyet hingga berbagai macam jenis satwa lainnya.

Lingkungan yang bersih dan hijau memang akan memberikan segudang manfaat bagi makhluk hidup. Itulah sebabnya, mulai dari sekarang anda harus menjaga lingkungan agar tetap bersih. Anda bisa langsung menerapkan cara menjaga lingkungan secara sederhana diatas.

Leave a Reply