Gunung Prau

Gunung Prau termasuk gunung tertinggi di daerah dataran tinggi Dieng. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yaitu kabupaten Kendal, Batang dan Wonosobo. Pemandangan alam dari puncak gunung sangat indah. Terlihat golden sunrise yang memukau dengan latar belakang gunung merbabu yang indah. Prau memiliki ketinggian yang sedang, sehingga cocok untuk para pemula yang ingin mendaki gunung. Perjalanannya singkat, hanya memakan waktu 2-3 jam perjalanan saja.

Gunung ini bukan gunung berapi sehingga aman untuk didaki, selain itu keindahan alamnya sangat indah. Jika anda ingin mendaki gunung, bisa mencoba ke puncak prau. Dari puncak gunung, anda bisa melihat pemandangan dataran tinggi Dieng, telaga warna, puncak gunung sumbing, gunung sindoro, merbabu, slamet dan gunung merapi. Hampir semua gunung yang ada di jawa tengah terlihat dari atas puncak.

Gunung Prau Dieng

Mengenal Lebih Dekat Gunung Prau Dieng

Puncak gunung berada di ketinggian 2590mdpl. Untuk mencapai puncak membutuhkan 2-3 jam perjalanan, tergantung jalur yang digunakan. Setiap tahunnya, pengelola gunung memiliki jadwal buka tutup. Setiap tanggal 5 januari sampai 5 april, pendakian di tutup. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan ekosistem gunung supaya tidak cepat rusak

Gunung ini termasuk wilayah hutan lindung yang dikelola langsung oleh PT. saat musim kemarau, kondisi di puncak sangat tinggi. Bahkan mencapai titik terendahnya. Terlihat kristal-kristal es yang diatas rumput dan pepohonan. Dia atas puncak, anda bisa menemukan padang bunga daisy yang indah dan berwarna warni.

Pesona alam yang memukau dan jalur treking yang mudah, membuat gunung ini semakin diminati banyak pendaki. Apalagi untuk pemula yang ingin merasakan naik gunung. Berburu golden sunrise yang indah dan terbaik.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Jalur Pendakian di Gunung Prau

Ada 6 jalur pendakian ke gunung prau yang bisa anda gunakan. Setiap jalur pendakian memiliki tantangan yang berbeda-beda. Ada yang aman untuk pemula dan ada yang berbahaya. Ada yang waktu tempuh lebih cepat dan ada yang lama. Berikut ini 6 jalur pendakian yang bisa anda gunakan.

Jalur Pendakian Via Patak Banteng

Jalur pendakian via patak banteng merupakan jalur favorit pendaki. Jarak tempuhnya pendak dan dekat dengan jalan raya. Pendaki naik angkutan umum dari wonosobo dan langsung turun di basecamp desa patak banteng, kecamatan kejajar, wonosobo. Di jalur ini, anda akan mendaki 120an anak tangga terlebih dahulu. Kemudian bertemu jalur berpasir, perkebunan warga, berbatu dan jalur pendakian sampai puncak. Pemandangan indah akan menemani perjalanan anda.

Jalur Pendakian Via Kali Lembu

Rute kali lembu lebih landai dibandingkan rute patak banteng. Tidak begitu banyak jalan pendakian yang tajam. Jika melewati jalur ini akan bertemu dengan pendakian dari jalur dieng kulon dan dieng wetan. Lokasi basecamp kali lembu tidak jauh dari lokasi basecamp patak benteng. Lokasinya di desa kali lembu, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo.

Jalur Pendakian Via Dieng Wetan

Jalur pendakian dieng wetan, juga menjadi favorit banyak pendaki. Lokasinya dekat dengan objek wisata dieng. Beralamat di desa dieng wetan, kecamatan kejajar, kabupaten wonosobo. Anda bisa turun di dieng dan langsung menuju ke basecampnya. Pendakian dari jalur ini juga tidak begitu sulit. Waktu tempuhnya juga tidak begitu lama, sehingga banyak pendaki yang menyukainya.

Jalur Pendakian Via Dieng Kulon

Banyak yang menyebut jalur pendakian dieng kulon dengan sebutan rute dwarawati. Karena jalur pendakian gunung prau ini dekat dengan candi dwarawati. Untuk menuju ke basecampnya., cari saja objek wisata candi dwarawati. Lokasinya di desa dieng kulon, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara. Rutenya juga cukup nyaman untuk pendaki pemula.

Jalur Pendakian Via Campurejo

Tidak banyak pendaki yang tahu jalur pendakian ini. rute perjalananya cukup sulit, sehingga tidak banyak pendaki pemula yang melaluinya. Basecamp jalur ini di mulai dari desa campurejo, kecamatan tretep, kabupaten temanggung. Buat anda yang ingin mendaki dari kota temanggung, bisa melalui jalur ini.

Jalur Pendakian Via Wates

Jalur pendakian via wates tergolong landa, jaraknya sekitar 4,7 km dan ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan. Basecamp jalur pendakian wates, berada di desa wates, kecamatan wonoboyo, kabupaten temanggung.

Selain jalur pendakian diatas, masih ada dua jalur pendakian lain. namun belum dibuka secara umum. Sehingga jalurnya masih sulit di lalui. Untuk sampai puncak membutuhkan perjalanan yang panjang, dari satu pos ke pos lainnya memiliki tantangan yang berbeda. Di beberapa pos masih ada warung yang berjualan dan perkebunan warga. Sehingga tidak terlalu sepi selama perjalanan ke puncak.namun pendakian menuju puncak, kondisi jalannya agak menyempit. Di kanan kiri jalan ada banyak jurang yang curam. Sehingga anda harus lebih berhati-hati.

Tips Melakukan Pendakian ke Gunung Prau

Untuk melakukan pendakian ke gunung prau, harus mempersiapkan semuanya dengan baik. apalagi untuk pemula yang baru pertama kali mendaki gunung. Anda harus mempersiapkan kondisi fisik dengan baik. supaya tidak mudah kelelahan atau pingsan. Apalagi untuk penderita penyakit asma, harus mempersiapkan kondisi dengan sebaik mungkin.

Jalur treking menuju puncak cukup landai dan tidak seberat gunung lainnya. walaupun begitu anda harus melatih fisik. Beberapa hari sebelum berangkat, perbanyak olahraga dan jalan kaki. Supaya fisik anda tidak mudah cepat lelah. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan.

  • Persiapkan semua bekal minuman dan makanan selama perjalanan.
  • Bawa barang yang penting saja, sehingga tidak membuat beban tas anda semakin berat.
  • Gunakan sandal atau sepatu gunung yang nyaman, sehingga mendaki gunung lebih mudah.
  • Siapkan pakaian hangat, kaos tangan, kaos kaki, penutup kepala dan lainnya. lebih baik gunakan celana dari bahan kain. Jangan bahan jeans, karena akan membuat tumbuh semakin dingin.
  • Jika ingin camping, siapkan semua kebutuhan camping dengan sebaik mungkin.

Waktu terbaik untuk mendaki gunung prau adalah dini hari sekitar jam 1 malam. Anda bisa sampai di puncak pukul 4 pagi. Sehingga bisa melihat golden sunrise yang sangat indah. Sekian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here