Liburan di perbukitan memang sedang hits belakangan ini. Selain Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, dsb, kita bisa juga mengunjungi Bukit Panguk. Bukit Panguk memiliki panorama yang begitu mengesankan. Kabut yang menyelimuti ketinggiannya akan membawa pengunjung seperti berada di negeri atas awan.

Panorama alam ini makin terkenal dengan aktifnya share wisatawan di media sosial. Tak heran jika destinasi satu ini semakin menarik dan terkenal meskipun baru dibuka.

Seperti wisata bukit pada umumnya, kita bisa mendapati pemandangan alam yang begitu indah. selain itu spot selfie lengkap dengan gardu pandangnya juga tidak ketinggalan. Bagi yang senang berburu pemandangan sunrise, liburan ke bukit hijau ini adalah pilihan yang tepat.

Bahkan setelah matahari sudah mulai meninggi, panorama hijau yang memukau akan mengganti pemandangan sunrise beserta kabut tebalnya. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk destinasi Bukit Panguk Kediwung.

Indahnya Negeri Atas Awan Bukit Panguk Kediwung Jogja
(instagram.com/awaywithjenny)

Pemandangan pagi hari yang indah

Wisatawan disarankan datang pada pagi hari. Sebab di waktu pagi inilah kita bisa menikmati pemandangan ala negeri diatas awan dari ketinggian. Panorama kabut yang begitu pekat membuat pemandangan dari ketinggian seperti berada di atas awan.

Ketika musim penghujan seperti di bulan Desember, panorama kabut semakin tebal. Dan jika matahari sudah mulai tinggi, kabut akan menghilang perlahan dan berubah menjadi hamparan pemandangan hijau dari lembah dan bukit disekitarnya.

Pemandangan pagi hari di Bukit Panguk Kedawung yang indah
(instagram.com/adingattamimi)

Lokasi selfie dan santai keluarga yang menarik

Selain menikmati panorama negeri diatas awan, Bukit Kediwung juga menyediakan sejumlah spot selfie yang lengkap. Dengan latar belakang pemandangan hijau, kita bisa berfoto di gardu pandang bambunya.

Anda juga bisa menikmati sejumlah spot selfie lain di sekitar area. Spot untuk istirahat dan berkuliner juga tersedia. Tak heran jika wisata alam ini juga cocok untuk tempat liburan seru anda bersama keluarga.

Lokasi dan rute

Lokasi wisata lembah ini ada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota menuju Jalan Imogiri.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah Dlingo dan ikuti papan petunjuknya menuju kawasan Kebun Buah Mangunan. Dari wisata tersebut, Bukit Panguk berada di sekitar 2 km sesudah Kebun Buah Mangunan. Untuk tiket masuknya hanya dikenai tarif parkir motor sebesar 2 ribu rupiah dan parkir mobil sebesar 5 ribu rupiah.

Fasilitas dan jam buka

Akses jalanan untuk sampai ke Bukit Panguk memang tidak se-ekstrim menuju Kalibiru. Namun kondisi kendaraan dan tubuh harus tetap fit agar liburan tetap nyaman. Karena dekat dengan Kebun Buah Mangunan, kita bisa menemukan penginapan di sekitarnya.

Fasilitas lain seperti musholla, parkir, toilet, spot kuliner dan oleh-oleh juga sudah tersedia. Jadi selain kaya dengan gardu pandang dan spot selfie, akomdasi lainnya juga cukup lengkap. Anda bisa datang setiap hari. Mulai pukul 05.00-18.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here