Yogyakarta merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang cukup terkenal di kalangan wisatawan atau traveler. Kota ini memang mempunyai keistimewaan tersendiri dari dulu mulai dari budaya, adat dan tempat wisata.

Selain memiliki banyak tempat wisata Jogja juga disebut-sebut sebagai kota pelajar. Jogja ini sangat bagus dijadikan sebagai tujuan wisata karena tempat wisata di Jogja ini selain banyak tetapi juga bagus dan indah-indah.

Maka dari itu kami akan merekomendasikan beberapa tempat wisata di Jogja yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam kegiatan berwisata kalian.

1Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja
(instagram.com/anggidwianggi)

Taman Sari ini dulunya memiliki luas sebesar 10 hektar yang terbagi menjadi beberapa spot yaitu taman, kolam pemandian umbul binangun, danau buatan, pulau buatan, kanal air, jembatan gantung, dan lorong bawah tanah. Tetapi dikarenakan adanya perumahan penduduk disekitar Taman Sari, jadi sekarang hanya tinggal tersisa spot pemandian umbul binangun saja.

Harga tiket untuk bisa masuk kedalam Taman Sari ini adalah sebesar Rp. 3.000 saja untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif lebih tinggi yaitu Rp. 7.000, selain itu jika kalian memerlukan pemandu wisata, kalian bisa menyewa guide dengan biaya 25.000 saja.

2Candi Prambanan

Candi Prambanan
(instagram.com/baraoutdoor)

Candi Prambanan ini termasuk kedalam tempat wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berada di jogja. Candi ini merupakan kompleks candi hindu yang terbesar di Indonesia. Candi ini berada di sekitar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta.

Candi Prambanan merupakan candi yang indah, dihiasi dengan relief-relief yang mengelilinginya. Candi ini sangat cocok dijadikan untuk tempat berfoto karena memiliki view yang sangat bagus, dan di Candi Prambanan ini kalian bisa menyewa jasa fotografer yang banyak ditemukan di area Candi.

3Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir
(instagram.com/anita.irayani)

Gumuk Pasir ini merupakan salah satu tempat wisata di Jogja tepatnya didaerah Bantul yang sangat anti mainstream, karena tempat wisata ini merupakan hamparan pasir yang sangat luas dan gersang yang hanya ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan saja.

Namun walaupun tempat ini berupa hamparan pasir yang sangat gersang, tempat ini sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto karena disini banyak sekali spot-spot foto yang sangat bagus dan instagramable.

4Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
(instagram.com/sonobudoyo)

Museum sonobudoyo ini merupakan salah satu museum yang berada di Jogja yang letaknya tidak jauh dari Jalan Malioboro. Museum ini memiliki tugas untuk mengelola peninggalan-peninggalan purbakala, mendokumentasikan budaya sejarah dan mempublikasikan barang-barang antik yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Museum Sonobudoyo masih satu lokasi dengan keraton Yogyakarta, tepatnya di seberang alun-alun utara. Biasanya di museum ini menyajikan pertunjukan wayang setiap hari sabtu dan minggu.

5Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Jogja
(instagram.com/dhian_hardjodisastro)

Titik nol kilometer ini merupakan titik dimana pusat kota berada. Wisata ini dekat dengan Malioboro, makanya mereka disebut sebagai pusat kota. Jika kalian ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya pada malam hari saja, karena pada malam hari tempat ini menjadi sangat cantik dan indah. Biasanya di titik nol kilometer ini ada pertunjukan dari komunitas remaja di daerah tersebut seperti BMX dan skateboard.

6Tugu Jogja

Tugu Jogja
(instagram.com/jendhelaa)

Tugu Jogja merupakan salah satu ciri khas kota Yogyakarta bahkan menjadi Landmark dari kota Jogja yang sangat dikenal oleh masyarakat luas. Tugu jogja ini berada tidak jauh dari Malioboro, belum sempurna rasanya kalau ke Jogja tetapi belum mengunjungi ikon utamanya. Biasanya para wisatawan berkunjung ke Tugu Jogja hanya sekedar ingin mengabadikan foto bersama ikon kebanggaan kota tersebut.

7Taman Pintar

Taman Pintar
(instagram.com/vika_verza)

Tempat ini juga berada tidak jauh dari Malioboro, dan jika dari titik nol kilometer kita hanya perlu bergeser sedikit saja untuk sampai di lokasi ini. Bukan hanya dijuluki sebagai kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar, nah hal ini sangat berkaitan dengan pembuatan tempat wisata ini.

Selain untuk berwisata, taman ini juga memberikan edukasi kepada pengunjungnya. Pada saat masuk ke area wisata, kalian akan dibuat kagum atau takjub dengan wahana-wahana yang ada di dalamnya, yang dikombinasikan dengan edukasi dan teknologi yang sangat kental. Taman ini lebih ditujukan untuk berwisata keluarga atau para anak-anak yang membutuhkan pengalaman belajar sambil bersenang-senang.

8Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja
(instagram.com/upsidedownworldjogja)

Tempat ini merupakan tempat berwisata yang menyajikan ruangan terbalik layaknya diluar angkasa, kebanyakan wisatawan yang narsis atau suka berfoto akan tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Sebelum tempat wisata ini muncul di Jogja, sebelumnya sudah ada di Bali dan karena di Bali sangat sukses dan banyak peminatnya maka munculah Upside Down World Jogja ini.

Seperti yang ada di Bali, tempat ini menawarkan 8 spot foto yang menarik yaitu ruang tamu, kamar mandi/toilet, dapur, master bedroom, kids room, ruang makan, laundry room dan juga ruang 3D, furniture-furniture yang digunakan di tempat ini semuanya asli bukan hanya lukisan 3D atau sejenisnya.

Untuk harga tiket masuk dewasa sebesar Rp. 60.000 dan untuk anak-anak Rp. 40.000, tempat ini berada di Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo kecamatan Depok kabupaten Sleman, Yogyakarta.

9The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta

The World Landmarks - Merapi Park Yogyakarta
(instagram.com/rizaldyyuda90)

Jika kalian belum pernah keliling dunia, kalian tidak perlu sedih atau kecewa. Kalian bisa mendatangi tempat yang satu ini karena di tempat ini kalian akan menikmati suasana seakan sedang keliling dunia. Kalian bisa melihat miniatur-miniatur landmark negara-negara di dunia mulai dari USA, Singapura, Belanda, Paris, Italia, dan lain-lain.

Harga tiket masuk World Landmarks Merapi Park wisata ini adalah Rp.20.000, dan untuk lokasinya sendiri ini terletak di Jalan Kaliurang No.22 KM 5 Hargobinangun, Pakem, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10De Mata Trick Eye Museum Jogja

De Mata Trick Eye Museum Jogja
(instagram.com/saiful_ajawi)

Museum ini merupakan salah satu museum yang ada di Jogja, menyajikan kurang lebih 120 foto 3D. Buat kalian yang memiliki hobi foto-foto, tempat ini akan sangat cocok untuk anda. Kalian boleh berfoto sepuasnya, dan di dalam museum ada petugas yang siap membantu kalian.

Harga tiket untuk masuk ke museum ini sekitar Rp. 35.000 per orang. Untuk lokasi tempat ini berada di basement Gedung Umar Kayam, Jalan Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

11Chingu Korean Fan Café Jogja

Chingu Cafe Jogja
(instagram.com/nongkrongasikjogja)

Chingu Cafe merupakan café sekaligus tempat-tempat untuk berfoto ala negara korea. Tempat ini didesain persis dengan negara yang terkenal dengan negara asal K-pop itu, jadi buat kalian yang suka K-pop atau Drakor wajib berkunjung ke tempat ini.

Selain menyajikan spot foto yang keren-keren, ditempat ini juga menyajikan masakan khas korea dan yang tidak kalah penting, tempat ini juga menawarkan penyewaan baju adat korea.

Alamatnya berada di Jalan Pandega Karya No. 18, Jl. Kaliurang No.KM 5.6, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

12Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Gunungkidul
(instagram.com/adityaspl)

Puncak Kosakora merupakan puncak bukit yang berada di Jogja, jika kalian pecinta alam wajib mengunjungi tempat ini, selain karena keindahan yang ditawarkan, tetapi juga harga tiket yang sangat murah hanya Rp. 2000 saja.

Di puncak bukit tersebut kalian bisa melihat dan menikmati pemandangan luas mulai dari pemandangan perbukitan sampai hamparan pantai di bawahnya. Buat kalian yang suka camping, di tempat ini juga menyewakan tenda dan perlengkapan berkemah lainya, untuk biaya penyewaan tenda kalian cukup mengeluarkan uang 60.000 saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here