Salatiga adalah salah satu kota yang ada di pulau Jawa tepatnya di Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan kota Lumpia Semarang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia mempunyai banyak sekali wisata yang bisa dikunjungi oleh semua orang. Salah satunya yaitu wisata Salatiga.

Untuk Kamu yang sedang merencanakan liburan untuk natal maupun tahun baru atau hanya untuk meluangkan waktu bersama dengan keluarga, mengunjungi berbagai macam tempat wisata di Salatiga dan Ambarawa bisa menjadi salah satu tempat yang tepat bagi Kamu.

Salatiga juga menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi incaran para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Wilayah Salatiga tak hanya mempunyai wisata edukasi, wisata sejarah dan wisata kuliner, Salatiga mempunyai banyak sekali wisata alam yang siap kamu jelajahi dan eksplorasi.

Bagi Kamu para wisatawan yang ingin menjelajahi alam Salatiga, berikut ini merupakan beberapa tempat wisata alam di Salatiga yang sanggup memanjakan diri kamu. Bagi Kamu yang mempunyai rencana liburan, beberapa 7 tempat wisata alam Salatiga dibawah ini bisa kamu kunjungi saat di Salatiga.

1Tempat Wisata Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo
(instagram.com/andre.widianto)

Tempat Wisata alam Salatiga pertama yang bisa Kamu kunjungi yaitu Air Terjun Umbul Songo. Tempat wisata kota Salatiga ini berlokasi di Kopeng yang merupakan salah satu kawasan wisata di Salatiga.

Air terjun yang mempunyai ketinggian 15 meter ini siap memanjakan diri Kamu. Mengunjungi wisata air terjun ini, Kamu akan disambut dengan gemericik air dan udara yang sangat sejuk sehingga menjadikan wisata air terjun ini banyak diminati oleh wisatawan.

Tempat Wisata air terjun ini tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun yang indah saja, tetapi lingkungan sekitar yang cukup asri dan alami. Mengunjungi tempat wisata kota Salatiga ini sangat recommended bagi Kamu untuk melupakan kepenatan suasana kota.

2Tempat Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
(instagram.com/febrianerwin)

Tempat Wisata alam Salatiga yang bagus dan patut Kamu sambangi selanjutnya yaitu Umbul Sidomukti. Tempat Wisata kota Salatiga satu ini berupa pemandian yang terletak di kawasan puncak bukit.

Mengunjungi tempat wisata alam ini Kamu bisa berenang di kolam renang sembari menikmati panorama yang sangat indah nan asri. Tak hanya populer akan kolam renang yang bertingkat-tingkat.

Jika Kamu mengunjungi tempat ini, Kamu akan mendapati kolam renang Umbul Sidomukti didesain dengan unik yaitu dengan berundak-undak. Sehingga Kamu bisa menikmati berbagai macam pemandangan yang berbeda-beda.

3Tempat Wisata Bukit Cinta Salatiga

Bukit Cinta Rawa Pening
(instagram.com/marga_ns)

Lokasi Salatiga yang sangat strategis yaitu berbatasan dengan kota Semarang menjadikan kota Salatiga mempunyai tempat wisata yang sangat banyak. Salah satu tempat wisata di Salatiga Jawa Tengah yang berbatasan dengan wisata populer Semarang yaitu Bukit Cinta.

Tempat Wisata Bukit Cinta merupakan salah satu wisata di Salatiga dan sekitarnya yang terletak di lokasi yang sangat tidak biasa yaitu berbatasan dengan dua kota. Tempat Wisata Bukit Cinta ini berlokasi di dekat tempat wisata Rawa Pening, Semarang.

Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempatnya anak-anak muda hangout. Sehingga sekali mendayung dua pulau terlampaui. Tak hanya melihat tempat wisata Rawa Pening yang jernih di Semarang, Kamu bisa sesekali mampir di Bukit Cinta Salatiga. Lokasinya yang indah ini Tak hanya menyimpan panorama yang asri juga menyimpan berbagai macam mitos seputar cinta.

4Tempat Wisata Pemandian Alam Muncul

Tempat Wisata Salatiga dan sekitarnya yang siap memanjakan mata dan tubuh Kamu selanjutnya yaitu Pemandian Alam Muncul. Wisata di Salatiga yang satu ini terletak di desa Muncul sesuai dengan namanya.

Di Tempat Wisata ini juga kamu bisa mandi dan menikmati segarnya air serta sejuknya udara disekitar kolam pemandian. Pemandian ini mempunyai luas sekitar 20×40 meter. Bahkan, pada pemandian tersebut, Kamu bisa melihat berbagai ikan berukuran kecil yang berenang dengan bebas.

Disekitar tempat wisata juga terdapat beberapa kios souvenir. Sehingga Kamu tak perlu jauh-jauh untuk membeli oleh-oleh serta souvenir untuk keluarga dan kerabat Kamu.

5Tempat Wisata Mata Air Senjoyo

Tak hanya mempunyai pemandian dan berbagai macam tempat wisata air yang patut untuk dikunjungi, Salatiga juga masih mempunyai potensi alam yang sanggup memanjakan liburan Kamu. Salah satu tempat wisata di Salatiga Jawa Tengah yang cukup populer yaitu Mata Air Senjoyo.

Tempat Wisata Mata air Senjoyo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Salatiga yang menyajikan pemandangan airnya yang begitu jernih serta pemandangan yang cukup bagus.

Tempat Wisata Mata air ini merupakan salah satu tempat penampungan air hujan atau yang biasa disebut sebagai daerah resapan porus yang menampung air hujan, lalu air ini akan di keluarkan di mata air tersebut.

6Tempat Wisata Arrowhead Park

Tempat Wisata di Salatiga dan sekitarnya selanjutnya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Salatiga yaitu Arrowhead park. Tempat Wisata ini terdapat di pedesaan Tegal Waton.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh Kamu yang ingin menikmati sejuknya suasana pedesaan khas dengan segala macam pemandangan hijau nan rindang disekitar. Sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan setelah lama bekerja. Sehingga mengunjungi wisata ini, Kamu akan mempunyai kualitas udara yang cukup bagus tanpa polusi.

Tak hanya itu, tempat wisata ini juga patut disambangi oleh Kamu yang menyukai tantangan. Sebab di tempat wisata ini, Kamu bisa berkuda dengan aman. Tak hanya populer akan wisata alamnya saja yang indah dan wajib dikunjungi.

Salatiga juga mempunyai beberapa tempat dengan pemandangan indah nan hijau yang bisa dijadikan sebagai tempat atau wisata edukasi dan budaya oleh Kamu.

7Tempat Wisata Desa Wisata Tingkir

Bagi Kamu orang asli Jawa Tengah tentu pernah mendengar mengenai salah satu cerita rakyat mengenai Jaka Tingkir. Tak hanya populer akan ceritanya saja yang sudah diceritakan turun temurun.

Ternyata, desa yang bernama Tingkir Lor ini menyimpan cukup banyak potensi yang bisa digali. Salah satunya dijadikan sebagai wisata budaya. Wisata yang paling menonjol di desa ini merupakan dari atraksi keseniannya yang cukup menonjol sehingga bisa menjadi salah satu daya Tarik wisatawan.

Atraksi kesenian tersebut berupa permainan musik menggunakan kaleng bekas yang sering disebut sebagai Drumblek. Tak hanya menjadi salah satu tempat wisata kota Salatiga yang sedang dikembangkan oleh pemerintah, tempat wisata ini juga bisa menjadi salah satu wisata edukasi dan budaya sehingga sangat cocok jika Kamu mengajak anak-anak kamu.

Demikianlah ulasan artikel yang dapat kami sajikan tentang 7 tempat wisata alam di salatiga dan sekitarnya yang perlu kamu tahu yang bisa kamu jadikan referensi untuk menambah wawasan dan pengetahuan , Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here